(0341) 571035 library@um.ac.id

7

Pemetaan Kompetensi Hard Skill dan Soft Skill Mahasiswa sebagai Persiapan Menuju Dunia Kerja (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2009-2010 Universitas Negeri Malang

1. Elfia Nora
2. Suharto

Kondisi Indonesia saat ini tidak sesuai dengan potensi yang ada, permasalahan terbesarnya adalah pada sumber daya manusia Indonesia sendiri. Produktivitas sumber daya manusia Indonesia masih rendah, menurut Survei Angkatan Kerja Naional yang dilaksanakan setiap tahun oleh Badan Pusat Statistik (1998), (dalam, Soe~ipto,2008) menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan angkatan kerja Indonesia sekitar 51 % hanya memiliki pendidikan sampai tingkat Sekolah Dasar atau dibawahnya, sekitar 41 % hanya memiliki pendidikan tingkat menengah (diatas Sekolah Dasar, kira-kira tingkat SLTA atau sederajat), sekitar 8% memiliki penditlikan di atas SLTA, tentu saja dari sudut pandang ilmu kompetensi, ijazah, dan sertifikat yang dimiliki seseorang belum leniu merefleksikan tingkat kompetensi seseorang tetapi paling sedikit itu adalah gambaran dari salah satu elemen kompetensi mereka. Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang saling terkait, yang mempengaruhi sebagian besar jabatan (peranan ataupun tanggung jawab), berkore!asi dengan kinerja dalam jabatan tersebut, dan dapat diukur dengan standar-standar yang dapat diterima serta dapat ditingkatkan melalui upaya-upaya pelatihan dan pengembangan (Johanessburg, dalam Soeljipto;2008). Perusahaanperusahaan sekarang ini banyak yang mentransformasi pengelolaan kinerja karyawannya dengan menerapkan sistem Competency Based Human Resources Management (CBHRM). Tujuannya adalah untuk menciptakan sumber daya manusia sebagai capital intelectual melalui pembangunan kompetensi untuk mewujudkan competency Leve/Index (CLI) 85% pada tahun 2010 (Soelj ipto; 2008)

Perguruan tinggi adalah salah satu lembaga utama yang dapat membuat perubahan dan merangsang pertumbuhan kompetensi. Menggagas Indonesia ke depan, sebagai warga negara yang cinta akan Indonesia tentunya kita menginginkan Indonesia yang lebih baik. Disini dijabarkan dalam gagasan Indonesia mandiri, Indonesia yang dapat berdiri sendiri tanpa ketergantungan terhadap negara lain.

Download Pemetaan Kompetensi Hard Skill dan Soft Skill Mahasiswa sebagai Persiapan Menuju Dunia Kerja (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2009-2010 Universitas Negeri Malang)

Translate »