(0341) 571035 library@um.ac.id

Kota Malang – Suasana penuh senyuman dan saling sapa nampak di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) yang menggelar acara Halal Bihalal dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Aula Utama Perpustakaan UM pada hari Kamis, 18 April 2024. Acara ini berlangsung mulai pukul 09.30 hingga 12.00 WIB dan dihadiri oleh lebih dari 60 orang, antara lain Kepala UPT Perpustakaan UM, Ibu Nurenzia Yannuar, S.S.,M.A., Ph.D., Sub Koordinator TU UPT Perpustakaan UM, Bpk. AA Kosasih, S.Sos., para staf, pustakawan, sobat pustaka, serta keluarga besar UPT Perpustakaan UM, termasuk para keluarga purnatugas dan pensiunan.

          Acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran Surah Ali Imran ayat 133 s/d 136 oleh Ustadz Sukri dan Ibu Khumaidah. Kepala UPT Perpustakaan, Ibu Nurenzia Yannuar, kemudian melanjutkan acara yang berlangsung hangat ini dengan menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau berbagi pengalaman selama memimpin perpustakaan dan menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat membersihkan hati sehingga dapat bekerja dengan lega dan kolaboratif. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya acara yang penuh kebersamaan dan kehangatan.

          Acara tahunan ini kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi dengan judul “Nasehat Ramadhan 25” dibacakan oleh Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd., yang diikuti dengan pembacaan Maulid Simtudduror yang dipimpin oleh tim nasyid tenaga kependidikan UPT Perpustakaan UM. Acara dilanjutkan dengan siraman rohani dan pembacaan doa oleh Ustadz Drs. H. M. Asrukin, M.Si., yang memberikan ceramah dan doa tentang refleksi puasa untuk meraih ketaqwaan, salah satunya adalah dengan “istar” yang artinya mengalah dan mengutamakan orang lain. “Halal Bihalal ini adalah contoh dari istar menuju ketaqwaan, yakni dengan mempersaudarakan dan berbagai harta baik dalam keadaan kaya maupun miskin sekaligus memperbaiki hubungan dengan Allah dan juga dengan manusia,” jelasnya.

          Usai sesi ceramah, tim nasyid yang terdiri dari para tenaga kependidikan dari Bagian TIK, Sarana Prasarana, Referensi, dan Karya Ilmiah kembali naik ke atas panggung utuk menampilkan pertunjukan seni religi berupa alunan lagu nasyid yang dibalut musik akustik. Acara ditutup dengan sesi ramah tamah, mushofahah/bersalam-salamanan, dan foto bersama sebagai tanda kebersamaan dalam merayakan Idul Fitri. Acara Halal Bihalal yang hangat dan penuh makna ini berhasil menguatkan kolaborasi serta semangat kebersamaan di keluarga besar Perpustakaan UM. Semoga semangat kebersamaan yang terjalin dalam acara ini terus membawa berkah dan kebaikan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, mari terus bersatu dan saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama.


Pewarta: Moch. Alfa Alfiansyah, Sobat Pustaka/PRO

Translate »