(0341) 571035 library@um.ac.id

RINGKASAN

Berdasarkan basil survey di 6 (enam) kota di Jawa Timur dapat disimpulkan bahwa dilihat dari latar belakang pendidikan guru akuntansi di Jawa Timur masih bayak (56%) yang berpendidikan di luar bida.~g akuntansi. Hal ini menggambarkan bahwa kompetensi profesional guru akuntansi masih rendah. Walaupun masa kerja guru-guru sebagian besar lebm dari 20 tahun., namun jika dilihat dari upaya peningkatan kompetensi mereka masm sangat kurang. Hal ini didukung bukti lebih dari 67% guru lebih dari 20 tahun tidak diikutkan dalam kegiatan-kegiatan pelatiban dan sejenisnya.
Hasil survey juga menunjukkan bahwa semua guru telah memiliki fasilitas komputer dan notebook serta akses internet di rumah, di sekolah, rnaupun di lingkungan sekitar rumah melalui warung-warung internet dengan biaya yang sangat murah. Hal ini menguatkan alasan akan pentingya dilaksanakan diklat bagi guru Akuntansi di Jawa Timur. Walaupun fasilitas komputer telah tersedia secara lengkap, namun dalam kenyataannya masih banyak (hampir 50%) guru yang belum memanfaatkan fasilitas TIK, baik untuk kepentingan pembelajaran maupun kepentingan yang lain. Hal ini didukung data yang menunjukkan bahwa hanya sebanyak 15% guru yang menyatakan selalu memanfaatkan fasilitas komputer dan internet untuk mengakses informasi dan menjalin komunikasi. Hal ini disebabkan karena guru belum memiliki pemahaman yang maksimal tentang bagaimana cara mengoperasikan serta belurn secara maksimal merasakan manfaat penggunaan teknologi tersebut. Kondisi ini menjadi kendala bagi pelaksanaan diktat berbasis e_learningbagi guru Akuntansi di Jawa Timur.

Berdasar basil analisis kebutuhan tersebut maka format diklat berbasis e learning yang dikembangkan mempunyai karakteristik; (a) materi yang diangkat untuk diklat adalah Akuntansi Keuangan; (b) dikembangkan model orientasi kelas e_learning; (c) penyajian materi dikIat menggunakan format PDF;powerpoint; Camtasia; dan link; (d) proses pembelajaran menggunakan cooperative learning; dan (d) evaluasi basil diklat dikembangkan dengan menggunakan software Wondershare Quiz Creator.

* Ketua Peneliti, Laporan Akhir Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, Tahun 2013

Download fullteks disini.

Translate ยป