(0341) 571035 library@um.ac.id

Kota Malang – UPT Perpustakaan UM menggelar acara bimbingan teknis bertajuk “Pengolahan Bahan Pustaka Bagi Pengelola Perpustakaan di Lingkungan UM”. Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 7 Maret 2024, bertempat di Multiplatform Digital Library Lantai 3 Perpustakaan UM, dimulai pukul 08.00 dan berlangsung dalam suasana yang santai.

Acara ini dipandu oleh pembawa acara Ibu Siti Rochjani yang merupakan Pustakawan Mahir UPT Perpustakaan UM dan dihadiri oleh undangan dari berbagai pihak, yakni 25 orang Pengelola Perpustakaan dan Tenaga Kependidikan dari berbagai fakultas di lingkungan UM, antara lain FS, FIP, FEB, FIK, FMIPA, FT, FIS, FPSi, dan Pascasarjana. Disamping itu, hadir pula perwakilan Self Access Center, mahasiswa relawan perpustakaan, serta delegasi dari Kampus 2 dan 3. Sementara dari UPT Perpustakaan UM sebagai tuan rumah, hadir Kepala Perpustakaan UM, Nurenzia Yannuar, S.S., M.A., Ph.D, Sub Koordinator Tata Usaha, Aa Kosasih, S.Sos., serta para pustakawan dan petugas perpustakaan.

Acara dibuka oleh Kepala Perpustakaan UM, Nurenzia Yannuar, S.S., M.A., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan perkenalan kepada para pemateri serta menggarisbawahi pentingnya forum ini sebagai wadah silaturahmi sesama pengelola perpustakaan di lingkungan UM. Beliau menyampaikan harapannya agar forum semacam ini dapat berlanjut dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari berbagai kegiatan di masa mendatang.

Dalam materi yang disampaikan, terdapat dua sesi utama. Pemateri pertama, Bapak Achmad Qorni N, S.Ptk., M.M, Pustakawan Ahli Pertama, membahas tentang Organisasi Informasi dengan fokus pada katalogisasi. Materi ini menjelaskan pentingnya katalog sebagai alat bantu dalam pencarian informasi di perpustakaan, termasuk pembahasan mengenai sejarah, contoh, dan perkembangan katalog dari konvensional hingga digital. Salah satu inti dari materi ini adalah pemaparan mengenai pedoman internasional dalam organisasi informasi, seperti Anglo-American Cataloguing Rules (AACR 2), beserta pengenalan tentang SIPADU dan fitur-fitur di dalamnya.

Sementara itu, pemateri kedua, Ali Mas’ud S.Sos, M.A, Pustakawan Ahli Madya, membahas tentang klasifikasi bahan pustaka. Materi ini mencakup pengenalan proses klasifikasi menggunakan Dewey Decimal Classification (DDC), termasuk penentuan tajuk subjek, perumusan nomor panggil, serta penggunaan alat bantu seperti E-Class dan E-DDC. Pemateri juga memberikan contoh dan simulasi dalam memberikan notasi pada beberapa judul koleksi, termasuk pada koleksi referensi.Puncak dari materi kedua ini adalah demonstrasi penggunaan kedua aplikasi klasifikasi secara langsung oleh pemateri dan peserta, mulai dari proses penginstalan hingga langkah-langkah uji coba pencarian nomor kelas suatu koleksi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang menarik dan diakhiri dengan penutupan serta foto bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para pengelola perpustakaan di lingkungan UM dalam mengelola dan mengolah bahan pustaka secara efektif dan efisien. Delila, salah satu peserta KelasiUM memberikan kesan pesan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan amat membantu dan berharap agar ada kegiatan serupa yang khusus untuk mahasiswa. “Pelatihannya sangat bagus dan membantu. Saran saya, semoga kedepan dibuatkan lagi acara serupa yang khusus untuk mahasiswa, sehingga bisa memperdalam materi kuliah yang terlewat atau mendapatkan materi yang lebih bersifat teknis”, ujar relawan Perpustakaan Fakultas Sastra tersebut. Semoga forum seperti ini dapat berlanjut dalam berbagai kegiatan lainnya untuk mendukung pengembangan literasi di kalangan civitas akademika UM.

Pewarta: Moch. Alfa Alfiansyah (Sobat Pustaka/PRO)

[Dengan Pustaka Kita Cendekia]

Translate »