(0341) 571035 library@um.ac.id

Pidato Ilmiah Prof. Dr. Abdul Gofur, M.Si “POTENSI KEKAYAAN HAYATI INDONESIA  SEBAGAI ALTERNATIF TERAPI DIABETES MELLITUS DALAM  SUDUT PANDANG BIOLOGI REPRODUKSI”.  Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Biologi pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alamdisampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang tanggal 17 Desember 2019.
Upaya pengendalian dan pencegahan diabetes terus digalakkan oleh pemerintah Indonesia. Pencegahan dan pengendalian diabetes jelas membutuhkan perhatian semua orang dan juga kebijakan nasional dengan pendekatan revolusioner. Penyelesaian masalah diabetes terkait dengan perubahan perilaku dan membangun sinergi positif antar masyarakat
untuk menumbuhkan iklim yang kondusif pada aspek pencegahan dan perubahan perilaku pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat serta institusi seperti tempat kerja.
Menurut Menteri Kesehatan RI, upaya efektif untuk mencegah dan mengendalikan diabetes harus difokuskan pada faktor-faktor risiko disertai dengan pemantauan yang teratur dan berkelanjutan dari perkembangannya karena faktor risiko umum Penyakit Tidak Menular (PTM) di Indonesia relatif masih tinggi, yaitu 33,5% tidak melakukan aktivitas fisik, 95%
tidak mengonsumsi buah dan sayuran, dan 33,8% populasi usia di atas 15 tahun merupakan perokok berat. Perubahan gaya hidup merupakan intervensi awal untuk komunitas berisiko. Tiga hal utama perlu dilakukan yakni (1) perubahan perilaku yang terkait makanan sehat dan berimbang, aktivitas fisik, menghindarkan diri dari rokok dan alkohol; (2) melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala; dan (3) perbaikan tatalaksana penanganan penderita dengan memperkuat
pelayanan kesehatan primer, akan menjadi prioritas dalam beberapa tahun ke depan.
Pemerintah Indonesia juga menekankan pentingnya food labelling untuk peringatan kepada masyarakat mengenai makanan dan minuman yang tidak sehat (terlalu banyak mengandung gula, garam dan lemak). Saat ini, Indonesia telah mengeluarkan peraturan untuk industri makanan/minuman kemasan dan siap saji untuk mencantumkan kandungan gula, garam dan lemak dalam makanan olahan. Penting juga untuk memastikan ketersediaan lebih banyak pilihan dalam makanan sehat dan minuman di pasar untuk mendukung orang-orang mengalihkan konsumsi mereka dari pengo lahan makanan dan minuman ringan ke makanan rumah tangga dan minuman sehat.
Inovasi dalam pencegahan dan pengendalian serta peng obatan diabetes juga dinilai sangat penting untuk dilakukan, diantaranya pentingnya diabetes registry, penggunaan aplikasi pada telepon seluler untuk pencegahan risiko dan kontrol, peringatan otomatis secara reguler untuk olah raga pada area publik (bandara, stasiun, pasar, super market).
Download Fullteks Pidato Ilmiah Prof. Dr. Abdul Gofur, M.Si “POTENSI KEKAYAAN HAYATI INDONESIA SEBAGAI ALTERNATIF TERAPI DIABETES MELLITUS DALAM SUDUT PANDANG BIOLOGI REPRODUKSI”

Translate »