(0341) 571035 library@um.ac.id

Oleh Mit Witjaksono

 Upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembimbingan skripsi mahasiswa S1 di Jurusan Ekonomi Pembangunan, FE UM, secara formal baru diusulkan melalui forum seminar kolegial yang berjudul “Orientasi, Fokus, Pendekatan dan Format Desain Penelitian Skripsi Program studi S1 Pendidikan Ekonomi dan Ekonomi & Studi Pembangunan” (Witjaksono, 2009a). Tiga aspek yang menjadi sasaranpeningkatan kualitas penelitian skripsi yang dibahas dalam seminar tersebutterkait dengan:

(1) relevansi, kepentingan (signifikansi) dan kelayakan isu, topik, permasalahanyang dikaji, dan tujuan kajian;

(2) pemilihan dan pengembangan desain penelitian secara operasional danefektif; dan

(3) pemilihan dan penggunaan alat bantu (tools & softwares) dalam mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan mengkompilasi atau menyintesakanhasilnya ke dalam format karya tulis ilmiah (skripsi dan artikelnya untuk jurnalilmiah).

Dari diskusi yang berkembang dan rekomendasi yang diusulkan dalam forumseminar, terdapat tiga persoalan yang saling terkait yang memerlukan solusi efektifberupa seperangkat rambu-rambu (panduan) tentang:

(1) penyusunan proposal, desain penelitian lapangan, laporan hasil penelitianlapangan, dan format-format standar yang digunakan dalam penulisan skripsi;

(2) mekanisme standar prosedur pengusulan rencana penelitian dan prosespembimbingan skripsi oleh dosen pembimbing; dan

(3) mekanisme standar prosedur ujian skripsi untuk penilaian kelayakan dankualitas kelulusannya.

Download Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Pembimbingan Skripsi Mahasiswa Melalui Implementasi Pos-Skripsi

Translate »