Pengembangan Model Pembelajaran dan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK dengan Aplikasi Computer Assisted Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN di Malang Raya

Oleh Mit Witjaksono, Grisvia Agustin, Achmad Ali Wafa

RINGKASAN

Produk penelitian pengembangan yang dikemas ke dalam paket berlabel “CALMESMA” (Computer Assisted Learning Matapelajaran Ekonomi SMA) yang diteliti dan dikembangkan di sini bertolak dari hasil uji-coba dan validasi prototipa pertama (CALMESMA-2011.EXE) yang telah dilaksanakan pada tahun pertama (Fase 1 s.d. 4, dari 6 Fase menurut Design Based Research yang diterapkan). Fokus penelitian pengembangan tahun kedua (Fase 5 dan 6) adalah pada: (a) perbaikan teknis overlay, interfacing, dan hyperlinking, dan (b) penambahan template untuk soal-soal pilihan ganda, termasuk administrasi penyekorannya. Hasil pengembangan yang dimaksud selanjutnya diberi label “CALMESMA-2012.EXE”.

Analisis kelayakan CALMESMA-2012 sebagai media interaktif pembelajaran Ekonomi SMA berbantuan komputer (CAL) dilakukan melalui validasi oleh tim ahli media, pengembang perangkat lunak. (software developer), dan guru Ekonomi SMAN di Malang Raya. Menurut tim ahli media dan pengembang perangkat lunak, prototipa CALMESMA-2012 sudah memenuhi kualifikasi sebagaimana diharapkan dalam fokus perbaikan di atas. Menurut guru pengguna CALMESMA-2012, dari aspek teknis, metodis, praktis, dan perkiraan dampaknya terhadap proses serta hasil belajar siswa di kelas direspon positif dan layak.

Meskipun demikian, menurut saran guru pengguna, sebelum CALMESMA-2012 didiseminasikan di kelas secara penuh, sebaiknya dilakukan perbaikan terhadap dua hal: (a) pengembangan soal uraian untuk mencapai kompetensi kognitif tingka analisis dan sintesis berbasis data ekonomi kuantitatif, dan (b) penambahan template untuk soal tersebut disertai mekamisme administrasi penyekorannya.

Download Pengembangan Model Pembelajaran dan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK dengan Aplikasi Computer Assisted Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN di Malang Raya disini.

 

You may also like...

Language >>