(0341) 571035 library@um.ac.id

Pada hari senin, 02 oktober 2017, satu hari setelah hari kesaktian pancasila, diadakan sebuah acara bedah buku yang berlokasi dihalaman café pustaka perpustakaan pusat universitas negeri malang. Acara kali ini membahas mengenai buku  “Indonesia Tidak Hadir di Bumi Manusia” karya Max Lane. Acara ini dihadiri langsung oleh sang penulis, selain itu pula hadir budayawan dan sastrawan dari kota Malang  yaitu Bapak Djoko Saryono dan Bapak Yusri Fajar, yang dalam acara tersebut memberikan kesannya terhadap buku karya Max Lane ini, dari persepsi mereka masing-masing. Bedah buku yang dimoderatori oleh Ardi Wina Saputra ini, dimulai pada pukul 19.00 dan berlanjut hingga pukul 21.00.

Pak Djoko dan Pak Yusri memulai acara dengan memberikan opini masing-masing. Dalam pengantarnya Pak Djoko membahas buku ini dilihat dari sudut pandang para pembaca setia karya-karya Pramoerdya sedangkan Pak Yusri melihatnya dari sisi kesastraan. Ketika hari mulai larut, akhirnya tiba kesempatan sang pengarang, Max Lane, untuk menceritakan garis pokok dari karya terbarunya tersebut.

Buku dengan tebal tidak lebih dari 200 halaman ini, memberikan uraian yang bernas dan orisinil mengenai Pramoedya dan pemikirannya melalui buku ini. Buku ini merupakan wakil dari tulisan-tulisan Max yang berserak mengenai Pramoedya dan karyanya. (dikutip dari kata pengantar penerbit buku “Indonesia Tidak Hadir di Bumi Manusia)

Translate »