(0341) 571035 library@um.ac.id

Iqlima Noor Akmala Dewi1)

Sentot Kusairi2)

Lia Yuliati3)

1),2),3)Mahasiswa Program Pascasarjana Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang,

E-mail: iqlimanad@gmail.com

ABSTRAK

Seringkali kerangka konsep yang telah dibangun oleh siswa tersebut menyimpang dari konsep yang benar sehingga menimbulkan miskonsepsi. Miskonsepsi dapat menghambat dalam menanamkan pemahaman konsep siswa. Salah satu penyebab miskonsepsi adalah tidak lengkapnya pemahaman yang diterima oleh siswa yang diperoleh dari informasi yang salah ataupun kurang lengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi Hukum Archimedes sebelum menentukan pembelajaran yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan survey dengan sampel sebanyak 21 siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami miskonsepsi dalam menentukan keadaan terapung, melayang, tenggelam. Bentuk dari miskonsepsi terbesar siswa antara lain 1) Benda yang berat pasti akan tenggelam 2) Benda berongga selalu terapung 3) Benda yang terbuat dari sesuatu yang keras pasti akan tenggelam 4) Banyaknya air mempengaruhi keadaan terapung, melayang, dan tenggelam. Adanya identifikasi miskonsepsi siswa, diharapkan dapat membantu guru menentukan pembelajaran yang akan digunakan.

Kata Kunci : miskonsepsi, pembelajaran, Hukum Archimedes

 

ABSTRACT

 

Often the conceptual framework has been constructed by the students deviated from the correct concept causing misconception. Misconceptions could hinder the understanding of the concept of instilling students. One of the causes of incomplete understanding of the misconceptions is that a student who obtained the information wrong or incomplete. The aim of this study was to determine the misconceptions students on the Archimedes Law before determining the learning used. The method used is to use a survey with a sample of 21 high school students. The results showed that students still have misconceptions in determining the state of floating, drifting, and sinking. The most of the misconceptions students include 1) The object weight will surely sink 2) hollow objects always floating 3) Objects made of something hard will surely sink 4) The amount of water affects the state of floating, drifting, and sinking. The identification of student misconceptions, is expected to help teachers identify the learning that will be used.

Keywords : misconception, Archimedes Law

Download Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Hukum Archimedes

Translate ยป