(0341) 571035 library@um.ac.id

2

Ro’ufah Inayati
Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang

Pengantar Pendidikan merupakan matakuliah wajib yang tergabung dalam kelompok matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK). Matakuliah ini disajikan pada semester I (satu), dengan demikian mahasiswa yang menempuh matakuliah ini adalah mahasiswa baru, yaitu mahasiswa yang secara notabene adalah mereka yang baru beradaptasi dengan kehidupan perkuliahan, sehingga perlu dilatih untuk berkomunikasi secara efektif. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan upaya penulis (bersama tim dosen lesson study) dalam rangka melatih kemampuan berkomunikasi mahasiswa peserta matakuliah Pengantar Pendidikan melalui penerapan model pembelajaran Telling Story. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, untuk memaparkan langkah-Iangkah penerapan model pembelajaran Telling Story dalam bentuk kegiatan lesson study di jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM. Berdasarkan hasil pengamatan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Telling Story dapat melatih kemampuan berkomunikasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran matakuliah Pengantar Pendidikan. Saran; dalam penerapan model Telling Story hendaknya mengoplimalkan penggunaan media pembelajaran yang beranekaragam.

Kata Kunci: model pembelajaran, telling story, kemampuan berkomunikasi, lesson study

Download Penerapan Model Pembelajaran Telling Story untuk Melatih Kemampuan Berkomunikasi Mahasiswa Dalam Matakuliah Pengantar Pendidikan: Studi Kasus Pelaksanaan Lesson Study di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Translate ยป