Pengaruh Personal Literasi Keuangan dan Faktor Sosio Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif Ibu Rumah Tangga

ABSTRAK

Suparti. 2014. Pengaruh Personal Literasi Keuangan dan Faktor Sosio Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif Ibu Rumah Tangga.Penelitian dibiayai Swadana

Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi determinan perilaku konsumtif ibu rumah tangga yang aktif menjadi anggota Tim PKK Kota Malang. Financial Literacy (Literasi Keuangan) didefinisikan sebagai pengetahuan dan kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan. Sampel penelitian sebanyak 123 ibu rumah tangga dan metode pengambilan sampel menggunakan convenience sampling.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan pengujian hipotesis menggunakan path analisis(analisis jalur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif ibu rumah tangga, akan tetapi faktor sosiodemografi (usia, pendidikan dan pengalaman kerja) tidak terbukti memiliki korelasi dengan perilaku konsumtif ibu rumah tangga. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan literasi keuangan merupakan determinan perilaku konsumtif ibu rumah tangga.

You may also like...

Language >>