STRATEGI EDUKATIF DERADIKALISASI SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN:TELAAH MATERI DERADIKALISASI DI BUKU AJAR MATAKULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)

Oleh Achmad Sultoni
Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.
e-mail: achmad.sultoni.fs@um.ac.id.

Abstrak: Beberapa tahun terakhir, sikap dan prilaku kekerasan atas nama agama yang dilakukan pemeluk Islam sering muncul di masyarakat. Sikap dan prilaku radikal tersebut terjadi tidak hanya di tingkat internasional, tapi juga di level nasional, regional, bahkan lokal. Oleh karena itu diperlukan rencana dan upaya sungguh untuk mengatasinya demi terciptanya kehidupan umat beragama yang toleran, tenang, dan damai. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui bidang pendidikan, yakni dengan memberikan materi pembelajaran yang bersifat menderadikalisasi sikap dan prilaku radikal kepada peserta didik. Dalam konteks ini penting dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi materi deradikalisasi sikap dan prilaku keagamaan di buku ajar PAI UM yang berjudul “Pendidikan Islam Transformatif: Menuju Pengembangan Pribadi Berkarakter”. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif diperoleh tiga temuan:pertama, terdapat empat bab di buku PAI UM yang mengandung materi deradikalisasi, yakni bab IV hukum Islam dan perbedaan mazhab, bab XI politik dan cinta tanah air dalam perspektif Islam, bab XII gerakan dan organisasi Islam modern di indonesia, dan bab XIII jihad, radikalisme agama, dan muslim moderat ; kedua, materi deradikalisasi secara umum disajikan dengan baik, rasional, kontekstual, dan disertai dalil al -Qur’anhadits; ketiga, materi deradikalisasi mencakup deradikalisasi sikap dan prilaku terhadap: pemeluk Islam, pemeluk agama lain, organisasi masyarakat, dan negara.

Kata-kata kunci: deradikalisasi, sikap dan prilaku keagamaan, buku ajar PAI, toleransi.

Download fullteks disini.

You may also like...

Language >>