Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation, Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN

ABSTRAK

Sopiah, Suwami, Handri Dian Wahyudi, Implementasi Model Pembelajaran Goup Investigation, Talking Stick Vntuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Mabasiswa dalam Mengembangkan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN

Kata Kund: Model Group Investigation, Talking Stick

Mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN merupakan mata kuliah yang cukup sullt dirasakan di kalangan mahasiswa. Kesulitan ini disebabkan kebiasaan menulis, terutama menulis bahan ajar: –apakah menulis modul, Iks, diklat, buku ajar maupun buku referensi –belum terbiasa di kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa TTN yang diharapkan di masa yang akan datang akan menjadi guru. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan perkuliahan selama satu semester, kami menerapkan model pembelajaran kooperatif sesering mungkin, dan mencoba meninggalkan model pembelajaran konvensional yang cenderung monoton dan membosankan. Sistem pembelajaran konvensional menjadikan siswa pasif, maIas, dan tidak termotivasi untuk belajar baik mandiri maupun berkelompok. Sebaliknya pembelajaran koopertif cenderung membuat siswa semangat , bergairah termotivasi, dan saling bekerjasama daIam belajar, dengan demikian proses dan basil belajar diharapkan menjadi lebih baik. Johnson & Johnson (dalam Lie, 2005:7) menyatakan bahwa suasana belajar kooperatif menghasilkan hasil belajar yang lebih baik, hubungan yang lebih positif, dan penyesuaian psikologis yang lebih baik dari pada suasana belajar yang penuh dengan persaingan. Hal ini yang mendorong peneliti untuk memilih pembelajaran kooperatif, dan meninggalkan model pembelajaran konvensionaI. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar mahasiswa pada Mata kuliah Pengembangan Bahan ajar TTN (2) Mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap metode pembelajaran kooperatif model group investigation dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan mahasiswa daIam mengembangkan hahan ajar ( hasil belajar) Mahasiswa TTN angkatan 2007/2008 (3) Mengetahui motivasi dan hasil belajar mahasiswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model group investigation (4) Mengetahui hambatan-hambatan yang muncul selama diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model group investigation dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa TTN angkatan 2007/2008 dalam mata kuliah pengembangan abahan ajar ttn.

Download fullteks disini.

You may also like...