(0341) 571035 library@um.ac.id

Kota Malang – UPT Perpustakaan UM dan UPT Kantor Urusan Internasional UM sukses menyelenggarakan kuliah tamu dengan tajuk “Membangun Kebebasan dan Integritas Akademik di Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora” yang disampaikan oleh Prof. Ariel Heryanto (Monash University Australia) pada Senin, 1 Juli 2024. Kuliah tamu ini dilaksanakan secara hybrid di Aula UPT Perpustakaan UM Lt. 2 dan dimulai pukul 10.00 WIB. Sivitas akademika UM yang tidak dapat hadir secara langsung dapat menyaksikan kegiatan kuliah tamu ini via Youtube Perpustakaan UM.

Pada kegiatan ini, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., hadir secara langsung untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kebebasan dan integritas akademik yang berlandaskan pada falsafah pancasila menjadi landasan utama pengembangan UM sebagai PTNBH untuk menunjukkan eksistensinya menuju World Class University.

Dalam kuliah tamunya Prof. Ariel Heryanto menekankan pentingnya menjaga kebebasan akademik dengan tetap menjaga tanggung jawab, etika, kejujuran, dan integritas. Dunia pendidikan tidak hanya harus terpaku pada ambisi meraih ranking, namun juga pada bagaimana sivitas akademika bisa merasa bahagia dan bersemangat ketika datang ke kampus. Perasaan yang positif ketika berkarya seperti ini dapat berdampak baik pada kreativitas masing-masing individu.

Acara ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa Pascasarjana dari Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Sastra yang sangat antusias mengikuti acara kuliah tamu ini. Para dosen yang hadir dalam kegiatan ini merasa sangat beruntung dapat mengikuti sharing session bersama Prof. Ariel Heryanto dengan berbagai karyanya yang menjadi rujukan bagi para akademisi bidang ilmu sosial dan humaniora. Suasana diskusi yang interaktif yang tercipta dalam sesi ini tercermin dari antusiasme para peserta yang terlibat secara aktif dalam sesi tanya jawab.

Dalam sesi penandatanganan buku, Kepala Perpustakaan UM, Dr. Nurenzia Yannuar menyampaikan bahwa karya-karya Prof. Ariel, berupa buku dan artikel, dapat dipinjam atau diunduh di Perpustakaan UM. Rangkaian kegiatan kuliah tamu ini diakhiri dengan sesi foto bersama serta pemberian hadiah bagi audiens yang terlibat secara aktif dalam kegiatan kuliah tamu ini. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan tentang integritas dan kebebasan akademik bagi seluruh sivitas akademika UM.

Video lengkap dapat dilihat dilink Youtube https://www.youtube.com/watch?v=-pILFtSXpgo

Pewarta : Aji / Sobat Pustaka PRO

[Dengan Pustaka Kita Cendekia]

Translate »