(0341) 571035 library@um.ac.id
Sosialisasi Pemanfaatan e-Resources

UPT Perpustakaan UM sukses menggelar kegiatan KelasiUM yang bertajuk “Sosialisasi Pemanfaatan e-Resources” yang diselenggarakan pada Kamis, 29 Februari 2024 Pukul 13.00 WIB., bertempat di Aula UPT Perpustakaan UM. Peserta kegiatan ini adalah para mahasiswa UM yang berasal dari beragam program studi dan beragam jenjang mulai dari S1, S2 dan S3. Bertindak sebagai moderator dalam acara ini, yaitu Achmad Qorni Novianto, S.Ptk.,M.M., Pustakawan Ahli Pertama UPT Perpustakaan UM. Narasumber kegiatan sosialisasi pemanfaatan e-Resources ini yaitu Bpk. Teguh Yudi Cahyono, S.I.Pust.,M.M. Pustakawan Ahli Madya UPT Perpustakaan UM.

Acara dibuka oleh Bpk. AA Kosasih, S.Sos., SubKoordinator TU UPT Perpustakaan UM mewakili Kepala UPT Perpustakaan UM. Dalam sambutannya, beliau mengemukakan bahwa kegiatan sosialisasi e-Resources ini salah satu adalah wujud nyata komitmen UPT Perpustakaan UM berpartisipasi dalam program Gerakan Literasi Nasional yang digaungkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Melalui kegiatan ini, diharapkan pemanfaatan koleksi e-Resources yang telah dilanggan oleh UPT Perpustakaan UM dapat digunakan secara optimal dalam rangka mendukung peningkatan prestasi akademis mahasiswa dan melejitkan jumlah publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas UM.

Narasumber kegiatan KelasiUM kali ini, Bpk. Teguh Yudi Cahyono, S.I.Pust.,M.M. mengemukakan beragam jenis e-Resources yang dimiliki UM, tips dan trik mengidentifikasi jurnal bereputasi, serta mengenalkan jenis layanan terbaru yang diberikan oleh unit Layanan Serial dan Informasi Terseleksi UPT Perpustakaan yang disebut dengan PENDAKI (Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah) yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas UM utamanya pemenuhan kebutuhan sumber informasi ilmiah dalam rangka penyelesaian skripsi, tesis dan disertasi. Jalannya diskusi dalam acara ini cukup interaktif, ditunjukkan dengan banyak peserta yang mengajukan pertanyaan dan mengemukakan problematika akses e-Resources. Para peserta berharap kegiatan sejenis dapat sering dilakukan karena sangat membantu mahasiswa menemukan sumber informasi bereputasi yang dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.

Terus ikuti kegiatan KelasiUM seri selanjutnya dengan mengikuti media sosial dan website perpustakaan ya!

[Dengan Pustaka Kita Cendekia]

Translate ยป