(0341) 571035 library@um.ac.id

j

J-TEQIP, IV (2). pp. 129-139. ISSN 2087-538X


Survey 33 calon guru SD menunjukkan tidak mentahami pecahan. Survey dua orang guru SD, menunjukkan mereka bisa memaknai pecahan menggunakan bahan manipulatif (meaning/id-mathematics), mengoperasikan dua pecahan meng-gunakan prosedural saja (pseudo-mathematics) tetapi belum dapat memadukan meaningful-mathematics dengan pseudo-mathematics. Masalah pemaduan inilah yang menjadi kajian penelitian. Hasil kajian memberikan icon perpaduan mcliputi: (1) Memahamkan Kekekalan Luas, (2) Menerapkan tiga model representasi Jerome Bruner (enactive, iconic, dan symbolic); (3) Memberikan contoh-contoh sederhana terurut, dan (4) Menyimpulkan secara Induktif Uji coba dilakukan di SDN Bumiaji 02 Kota Batu dengan menerapkan Lesson Study.

Kata Kunci: meaningful-mathematics, pseudo-mathematics.
Untuk download fullteks klik disini

Translate »