(0341) 571035 library@um.ac.id

membaca
Penelitian dengan strategi membaca SLL ini ditujukan kepada siswa SD kelas 5 dengan pendekatan pembelajaran lintas kurikulum (CLIL) dengan beberapa alasan, yaitu: (1)seperti yang dinyatakan oleh Piaget (dikutip oleh Cameron, 2001) dan Pinter (2012) bahwa pada tahap operasional konkrit peserta didik antara usia 7 (tujuh) sampai 11 (sebelas) tahun memasuki masa performing operation yang bermakna mereka mampu menyelesaikan berbagai tugas seperti menggabungkan, memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat dan membagi; (2) mereka sudah mulai mampu berpikir kritis (proportional thinking) atau berpikir tingkat tinggi seperti berpikir deduktif, berpikir induktif, menganalisis, mensintesis; (3) mereka mampu berpikir secara abstrak, reflektif, serta mampu memecahkan berbagai masalah. Pandangan Piaget ini didukung pula oleh ahli lain seperti Kohlberg (dikutip oleh Clark, 1984) yang mengungkapkan bahwa perkembangan kognitif anak seusia ini terfokus pada cognitive reasoning yang memungkinkan mereka belajar berpikir kritis; (4) mereka mulai belajar memaknai konsep dasar lingkungan sekitar dan mampu membedakan dunia fiksi dan non fiksi; (5) pembelajaran Bahasa Inggris melalui pendekatan lintas kurikulum (CLIL) lebih intensif (Pinter, 2011).
Download fullteks Disini

Translate ยป