(0341) 571035 library@um.ac.id

Laporan teknis ini menyajikan hasil survei diagnostik mengenai pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SLTP) untuk tahun anggaran 1997/1998. Penelitian ini dipimpin oleh Suparno, Khaerudin Kurniawan, dan Benny Widaryanto dengan tujuan untuk mengidentifikasi kekurangan dalam pengajaran Bahasa Indonesia dan kemahiran berbahasa siswa. Hasil survei menunjukkan bahwa kemahiran berbahasa Indonesia siswa SMP masih menunjukkan kelemahan yang perlu diperbaiki. Pengajaran menyimak tidak sejalan dengan kebutuhan pembinaan yang ada, dan sebagian besar guru kurang memahami taksonomi kemahiran menyimak. Kemampuan siswa dalam berbicara juga terkendala oleh kebiasaan berbicara dalam bahasa daerah dan kurangnya pedoman serta penilaian dalam pengajaran berbicara. Kemampuan menyimak dan berbicara siswa berada pada taraf yang cukup rendah, dengan sebagian besar siswa hanya mampu memahami informasi yang tersurat. Secara keseluruhan, laporan ini mengungkapkan berbagai kendala yang dihadapi dalam pengajaran Bahasa Indonesia dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki kualitas pengajaran di tingkat SMP.
Tahun Anggaran: 1997/1998

Tim Peneliti: Suparno, Khaerudin Kurniawan, Benny Widaryanto

Deskripsi Fisik: Laporan teknis, tidak terperinci dalam jumlah halaman atau dimensi.

Buku lengkap tersedia di Perpustakaan UM dalam bentuk Buku cetak. Tautan katalog buku, silakan klik disini

Translate »