(0341) 571035 library@um.ac.id

Pada hari Selasa, 17 September 2024, beberapa siswa dari Poltekad-Arhanud mengadakan kunjungan ke UPT Perpustakaan UM. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengenalan siswa terhadap beberapa tempat di Universitas Negeri Malang salah satunya UPT Perpustakaan UM yang mana sebagai tempat mereka untuk melakukan Praktik Luar Kampus. Kegiatan ini diikuti oleh dua puluh enam siswa dengan satu orang pendamping yang bernama Bapak Supriyono selaku Kepala Prodi Otoranpur (Teknik Otomotif Kendaraan Tempur). Kegiatan Praktik yang dilakukan siswa Poltekad-Arhanud ini bernama Praktikum Field Programmable Gate Array (FPGA) yang dilakukan pada tanggal 07 September 2024 sampai dengan 05 Oktober 2024.

Poltekad-Arhanud merupakan sebuah Politeknik Angkatan Darat yang berkedudukan langsung di bawah Dankodiklat TNI AD. Politeknik ini memiliki lima jurusan diantaranya yaitu Teknik Otomotif Kendaraan Tempur yang telah bekerja sama dengan UM untuk melakukan pengembangan kurikulum yang mengikuti perkembangan terkini di dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini para siswa dari Poltekad-Arhanud tidak hanya berkunjung ke UPT Perpustakaan UM saja, mereka juga mengunjungi Masjid Al-Hikmah UM dan Departemen Teknik Mesin yang merupakan tujuan utama bagi siswa jurusan Otoranpur untuk melaksanakan kegiatan Praktik Luar Kampus.

Kegiatan Praktik Luar Kampus merupakan kegiatan yang telah diputuskan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2022 sebagai bentuk implementasi dari Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi siswa maupun mahasiswa yang mengikutinya. Beberapa diantara manfaat tersebut adalah Mendapatkan Pengalaman dari luar kampus, Menambah wawasan atau pengetahuan baru, dan Menambah relasi dari luar kampus. Universitas Negeri Malang bersama dengan Politeknik Angkatan Udara setuju untuk menjalin kerja sama guna terwujudnya hal baik dari kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan kunjungan ini dimulai dengan diterimanya para siswa beserta pendamping oleh Bapak Rokhmad selaku perwakilan dari UPT Perpustakaan UM. Setelah melakukan penyambutan dengan sepatah dua patah kata, barulah para peserta diminta untuk menyimak serangkaian informasi yang akan disampaikan oleh petugas Perpustakaan UM.

Kunjungan siswa Poltekad-Arhanud ke UPT Perpustakaan UM ini bertujuan untuk memperkenalkan fasilitas, sarana prasarana, serta koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan UM guna menunjang segala kebutuhan mereka selama mengikuti kegiatan Praktik Luar Kampus di Universitas Negeri Malang. Dipandu oleh Bapak Rokhmad priyono, S.I.Pust para siswa Poltekad menyusuri seluruh lantai yang ada di Perpustakaan UM guna memperoleh informasi terkait apa saja yang ada di setiap lantai. Tidah hanya menerima informasi seputar fasilitas, sarana prasarana, dan koleksi saja, mereka juga dijelaskan terkait beberapa aturan yang harus mereka taati selama berada di Perpustakaan UM. Aturan yang berlaku ini memiliki ketentuan yang sama seperti mahasiswa UM sendiri tanpa ada pembeda sedikit pun.

Kegiatan Kunjungan siswa Poltekad-Arhanud ke UPT Perpustakaan UM ini diharapkan bisa memberikan banyak manfaat kepada para siswa yang sedang menjalankan kegiatan Praktik Luar Kampus di Universitas Negeri Malang dan diharapkan semua mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas serta sarana prasarana yang ada ini dengan baik.

[Dengan Pustaka Kita Cendekia]

#PerpusSae #PerpustakaanUM #UMkitatercinta #ayokeperpus #salamliterasi #DenganPustakaKitaCendekia #UM #UniversitasNegeriMalang #ExcellenceInLearningInnovation #KampusMalang #SpringerNature #PublikasiIlmiah #LiterasiUntukNegeri

Translate ยป