(0341) 571035 library@um.ac.id

UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) menggelar kegiatan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang mengangkat tema “Enhancing Staff Professionalism through Character Development Workshop: Pengembangan Karakter ASN BerAKHLAK UPT Perpustakaan UM” di Gunung Sari Sunset Homestay, Gubugklakah, Kabupaten Malang. Acara ini berlangsung selama dua hari, yakni pada hari Jumat-Sabtu, 26-27 Juli 2024 dan diikuti oleh 44 orang, terdiri dari 28 staf perpustakaan, 13 Sobat Pustaka, 1 purna tugas, dan 2 anggota keluarga Kepala Perpustakaan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu staf mengembangkan sikap dan perilaku yang mendukung pertumbuhan profesional, dengan penekanan pada nilai-nilai AKHLAK (Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Kegiatan dimulai pada Jumat malam, 26 Juli 2024, dengan keberangkatan dari Graha Rektorat UM untuk memulai eksplorasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Setelah tiba di basecamp jip sekitar pukul 01.00 dini hari, peserta menikmati coffee break sebelum melanjutkan perjalanan menuju Penanjakan untuk menyaksikan matahari terbit di Bukit Kingkong. Momen ini diabadikan dengan sesi foto bersama yang diikuti dengan eksplorasi kawasan Kawah Bromo, Padang Savana (Bukit Teletubbies), dan juga singgah ke cafe tertinggi di Jawa Timur, Bromo Hillside.

Setelah kembali ke basecamp Panglipuran, seluruh peserta pun menuju penginapan untuk beristirahat sebelum mengikuti sesi ESQ dan Team Building di Gunung Sari Sunset. Kegiatan ini terdiri dari pembukaan, sambutan, evaluasi kinerja semester, dan refleksi terhadap kesan di unit atau tim baru, serta diakhiri dengan sesi ESQ yang mendalam. Malam spesial itu pun ditutup dengan acara bebas dan coffee break yang dilengkapi fasilitas karaoke sehingga memberikan kesempatan bagi peserta untuk bersantai dan mempererat hubungan antarpersonal.

Keesokan harinya, Sabtu, 27 Juli 2024, rangkaian kegiatan ESQ dilanjutkan dengan perjalanan menuju Ledok Amprong untuk kegiatan outbound dan fun games yang bertujuan untuk memperkuat kekompakan grup. Peserta menikmati berbagai permainan yang menantang dan membangun kerja sama tim seperti senam bersama, ikuti instruksi, hingga permainan air. Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan makan bersama dan perjalanan kembali ke Malang.

Kegiatan “Enhancing Staff Professionalism through Character Development Workshop: Pengembangan Karakter ASN BerAKHLAK UPT Perpustakaan UM” mampu meningkatkan profesionalisme staf UPT Perpustakaan UM melalui pengembangan kepemimpinan, kerja sama tim, dan manajemen konflik. Dengan program pelatihan lanjutan, mentoring, dan evaluasi rutin yang akan diterapkan, staf diharapkan dapat mengimplementasikan nilai-nilai AKHLAK secara konsisten dalam pekerjaan sehari-hari, sehingga memberikan kontribusi yang lebih baik bagi UPT Perpustakaan UM.

Video Part-1 : https://youtu.be/qUfOlONX78Y

Video Part-2 : https://youtu.be/ijeNTgAp848

[Dengan Pustaka Kita Cendekia]

Translate ยป