Layanan Perpustakaan

Secara umum Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) memberikan berbagai layanan kepada anggota antara lain:

  •  Layanan Sirkulasi
  •  Layanan Serial
  •  Layanan referensi dan koleksi karya ilmiah
  •  Layanan buku tandon (reserved book)
  •  Layanan penelusuran informasi
  •  Layanan Internet
  •  Layanan foto copy
  •  Layanan ruang baca
  •  Layanan peminjaman bahan pustaka
  •  Layanan antar perpustakaan

 

Layanan Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian Bahan Pustaka)

Layanan sirkulasi terdiri dari layanan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka khususnya untuk buku teks. Peminjaman dan Pengembalian Bahan Pustaka dilakukan melalui aplikasi SIPADU (Sistem Informasi Perpustakaan Terpadu) yang sudah terintegrasi dengan Perpustakaan Fakultas. Peminjaman pustaka di Perpustakaan UM telah menggunakan teknologi daring dalam prakteknya. Pemustaka dapat melakukan pemesanan mandiri dengan menggunakan akun tunggal (Single Sign On) yang telah terverifikasi, kemudian melakukan pencarian dan peminjaman mandiri ke perpustakaan. Pemustaka melakukan validasi buku setelah mengambil bahan pustaka ke bagian sirkulasi. Panduan peminjaman bahan pustaka dapat dilihat disini.

Hak pinjam koleksi perpustakaan bagi mahasiswa S1 adalah sebanyak 7 buku untuk jangka waktu peminjaman selama 14 hari kerja dan dapat diperpanjang satu kali, selama 14 hari kerja. Dosen, mahasiswa pasca sarjana, dan mahasiswa yang sedang menempuh skripsi mempunyai hak pinjam 10 buku untuk jangka waktu peminjaman selama 14 hari kerja dan dapat diperpanjang satu kali, selama 14 hari kerja. (Sesuai SK Rektor UM Nomor 1 tahun 2017, BAB VI Hak dan Kewajiban Anggota).

Layanan Serial

Adalah layanan untuk koleksi terbitan berseri. Termasuk dalam bagian ini adalah layanan koran, layanan majalah, majalah ilmiah, layanan jurnal dan layanan jurnal CD-ROM. Bahan pustaka yang ada di bagian ini tidak untuk dibawa pulang, akan tetapi hanya layanan baca ditempat dan atau difoto copy. Pengenalan layanan serial dapat dilihat disini

Layanan referensi dan koleksi karya ilmiah

Merupakan layanan dibidang rujukan dan penelusuran informasi bagi pengguna yang membutuhkan. Termasuk layanan di bagian ini adalah layanan karya ilmiah civitas akademika UM (tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi). Layanan ini hanya terbatas untuk baca di tempat, bukan untuk dipinjam / dibawa pulang, hanya saja pemustaka dapat menggandakan / memfotocopy koleksi dengan ijin petugas.

Layanan buku tandon (reserved book)

Merupakan layanan tentang kesiapan perpustakaan tentang ketersediaan bahan pustaka. Pada bagian ini koleksi hanya boleh dipinjam 1 hari. Tujuannya selain untuk kesiapan ketersediaan buku juga untuk pemerataan kesempatan bagi pengguna untuk meminjam buku. Selain layanan peminjaman, dibagian ini juga memberikan layanan membaca ditempat dan difoto copy.

Layanan penelusuran informasi

Merupakan layanan untuk membantu pengguna yang mengalami kesulitan untuk menemukan koleksi perpustakaan dan juga layanan untuk menemukan sumber informasi yang dibutuhkan pengguna.

Layanan Internet

Perpustakaan juga menyediakan layanan Internet untuk pengguna sebagai layanan penunjang perpustakaan. Layanan internet ini merupakan kerjasama perpustakaan dengan pihak luar Jumlah titik akses yang tersedia sementara ini masih terbatas 15 buah komputer.

Koneksi internet secara gratis juga disediakan melalui wire less yang terpasang di ruang gedung perpustakaan, pemakai dapat langusung login tanpa harus mendaftarkan diri ke petugas.

Layanan foto copy

Perpustakaan menyedian layanan foto copy. Hal ini dimaksudkan untuk membatu mahasiswa yang akan foto copy buku dengan cepat dan mudah. Layanan ini tersedia di dalam perpustakaan. Untuk efisiensi waktu, mahasiswa tidak perlu keluar jika akan foto copy.

Layanan ruang baca

Perpustakaan menyediakan ruang baca dengan kapasitas 400 tempat duduk (kursi) sudah termasuk 218 study carrel yang tersebar di ruang baca mulai lantai pertama sampai dengan lantai tiga. Selain itu perpustakaan juga menyediakan ruang baca santai dengan berkarpet dan meja rendah tanpa kursi dengan luas ruangan sekitar 60 m2.

Layanan antar perpustakaan

Selain layanan tersebut diatas perpustakaan juga memberikan layanan antar perpustakaan. Untuk itu perpustakaan UM tergabung dalam Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN). Salah satu kegiatan forum ini adalah adanya layanan peminjaman antar perpustakaan melalui kartu sakti. Kartu sakti dikeluarkan oleh setiap perpustakaan anggota FKP2T. Pemegang kartu sakti dapat memanfaatkan koleksi, fotocopy pustaka dari anggota FKP2T. Anggota FKP2T meliputi perpustakaan UGM, perpustakaan Unpad, perpustakaan UPI, perpustakaan UNJ, perpustakaan UIJ, perpustakaan Undip, Perpustakaan UNES, perpustakaa UNJ, perpustakaan UNS, perpustakaan STSI Solo, perpustakaan Univ Brawijaya, perpustakaan UM, perpustakaan UIN Malang, perpustakaan Unair, perpustakaan ITS, perpustakaan UNESA, perpustakaan IAIN Surabaya.

You may also like...

Language >>