(0341) 571035 library@um.ac.id

1
Prof. Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas Negeri Malang Tanggal, 12 Mei 2022.

Dunia pendidikan selalu dituntut untuk mengikuti, dan bahkan melebihi perkembangan teknologi dan informasi. Bidang pendidikan memiliki tugas berat untuk menyiapkan generasi yang mampu merespon setiap perubahan terutama perkembangan teknologi dan informasi sesuai dengan bidang masing-masing. Kurniati dkk. (2020) menegaskan bahwa lulusan dunia pendidikan harus memiliki kompetensi dalam ranah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan), bahkan kompetensi dalam menggunakan teknologi yang tersedia untuk membantu dirinya sendiri, serta untuk mendukung berbagai pekerjaan produktif dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia dengan baik atau dalam bidang lain (Rosina dkk., 2021). Lebih dari itu, lulusan dunia pendidikan juga dituntut untuk memiliki keterampilan baru seperti kerja tim, pemikiran tingkat tinggi (critical thinking skills), tidak sekedar memiliki kemampuan untuk berpikir kritis tetapi juga memiliki pandangan secara filosofis tentang makna berfikirkritis; kemampuan berpikir kreatif (creative thinking skills), memiliki kemampuan untuk menemukan dan menciptakan hal-hal baru yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah di dunia nyata; dan penggunaan teknologi informasi baru secara efektif (Wardoyo dkk., 2021), yaitu memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi yang berkembang dengan pesat di era melenial pada saat ini. Lebih dari hal tersebut, beberapa peneliti berdasarkan hasil penelitiannya merekomendasikan pentingnya lulusan berjiwa atau berkarakter entrepreneurship agar dapat ambil bagian dalam upaya penciptaan kerja, ketimbang hanya sebagai lulusan pencari kerja (Saptono dkk., 2020; Handayati dkk., 2020). Aneka tuntutan terhadap lulusan dunia pendidikan sebagaimana telah diuraikan, meniscayakan pendekatan dan kemampuan pengajaran yang efektif di mana para pengajar atau pendidik juga memiliki kompetensi memadai sesuai tuntutan dari lulusannya. Ini artinya, para pendidik juga didorong untuk bekerja lebih banyak dengan rekan kerja mereka, dan mengakses keahlian yang mereka butuhkan demi meningkatkan kompetensi mereka. Berkaitan dengan hal tersebut, maka profesionalisme menjadi kunci dalam mencapai kesuksesan mencapai tujuan tersebut.

Download fullteks klik disini

Translate ยป