Pidato Ilmiah “Bahan bakar terbarukan dari mikroalga: peluang dan tantangan untuk pasokan energi masa depan” oleh Prof. Dr. Sukarni, S.T., M.T

k

Prof. Dr. Sukarni, S.T., M.T

Pidato Ilmiah “Bahan bakar terbarukan dari mikroalga: peluang dan tantangan untuk pasokan energi masa depan” oleh Prof. Dr. Sukarni, S.T., M.T.. Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) Kamis, 16 Desember 2021. Di Graha Cakrawala UM.
Faktor penting yang menjadi penggerak kenaikan kebutuhan energi adalah peningkatan jumlah penduduk dan naiknya standar kehidupan, terutama pada negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah (BP, 2020a; ExxonMobil, 2018). Antara tahun sekarang dan 2040, populasi dunia diperkirakan akan tumbuh dari 7,5 miliar menjadi lebih dari 9 miliar, dan produk domestik bruto (PDB) global diperkirakan akan meningkat hampir dua kali lipat (BP, 2021b), yang mengangkat lebih dari 2,5 miliar orang dari pendapatan rendah menjadi kelas menengah (BP Energy Outlook, 2018). Hal ini akan mendorong permintaan energi primer secara global naik sekitar 25%, merujuk kepada skenario business-as-usual(BAU) (BP, 2020a). Tragedi kemanusiaan berupa pandemi Covid-19, sangat berpengaruh terhadap permintaan energi global, khususnya pada tahun 2020, dimana konsumsi energi primer turun 4,5% (BP, 2021b). Namun demikian, kondisi ini diperkirakan hanya akan berdampak dalam jangka pendek, sehingga permintaan energi global sampai dengan 2040 diperkirakan akan terus tumbuh pada kisaran 25% (ExxonMobil, 2021).
Untuk download fullteks, silakan klik disini

You may also like...

Language >>