Pidato Ilmiah “Membangun profesionalisme dan identitas calon Guru Fisika” oleh Prof. Dr. Endang Purwaningsih, M.Si

pr

Prof. Dr. Endang Purwaningsih, M.Si

Pidato Ilmiah “Membangun profesionalisme dan identitas calon Guru Fisika” oleh Prof. Dr. Endang Purwaningsih, M.Si. Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) Kamis, 23 September 2021.Di Graha Cakrawala UM.
Sampai saat ini, peran guru masih menempati posisi sentral dan terdepan dalam menjamin proses dan hasil pendidikan. Seorang guru professional harus dapat memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan sebagaimana mestinya dan dapat mengembangkan berbagai kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa. Melalui guru-guru yang profesional, pendidikan akan menjadi berkualitas sehingga dapat melahirkan putra-putri bangsa yang kompeten di berbagai bidang. Oleh karena itu, bagi lembaga pencetak guru, melahirkan calon guru professional merupakan tantangan yang serius. Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, ada empat kompetensi yang harus dimiliki guru profesional yaitu: kompetensi pedagogi, profesional,sosial, dan kepribadian. Keempat kompetensi ini sejatinya dapat ditumbuhkembangkan seiring dengan pengalaman belajar dan pengalaman mengajar sejak dari calon guru hingga saat menjadi guru.
Oleh karena itu, tugas lembaga pencetak guru menjadi yang terdepan dalam mempersiapkan guru yang memiliki keempat kompetensi ini secara utuh. Meskipun demikian, bagaimana cara dalam mengembangkan keempat kompetensi yang diamanatkan dalam undang-undang ini masih sangat beragam dan cenderung belum operasional.
Empat kompetensi yang diamanatkan undang-undang terkait kompetensi guru masih sangat relevan dengan teori-teori yang diyakini oleh para ilmuwan di bidang pendidikan. Salah satunya, menurut Shulman (1987), pengetahuan dasar yang perlu dimiliki oleh guru tidak hanya terbatas pada pengetahuan konten atau pengetahuan pedagogi saja tetapi harus memiliki pengetahuan yang mampu mengintegrasikan kedua pengetahuan tersebut yang dikenal dengan pedagogical content knowledge atau sering disingkat sebagai PCK.

Untuk download fullteks, silakan klik disini

You may also like...

Language >>