Review buku: Teknologi informasi di perpustakaan: pendekatan kritis baru Setiawan, S.Sos, M.IP

Review buku: Teknologi informasi di perpustakaan: pendekatan kritis baru oleh Setiawan, S.Sos, M.IP.

f

Review buku: Teknologi informasi di perpustakaan: pendekatan kritis baru Setiawan, S.Sos, M.IP


Judul Buku : Information Technology in Librarianship: New Critical Approaches
(Teknologi Informasi di Perpustakaan: Pendekatan Kritis Baru)
Pengarang : Ed. Gloria J.Leckie & John E. Buschman
Penerbit : Greenwood Publishing Group
Edisi : Cet. ke-1
Bahasa : Inggris
ISBN : 978–1–59158–629–6
Jumlah Halaman : 304 hlm

Nama Gloria J. Leckie dan E. Buschman sudah tak asing lagi di dengar dalam dunia penulisan karya ilmiah. Keduanya telah menerbitkan banyak artikel penelitian ilmiah bidang informasi dan perpustakaan yang telah disitasi oleh banyak orang. Gloria J. Leckie adalah koordinator program LIS, Universitas Western Ontario, London, Ontario, Kanada. Dia memperoleh gelar MLIS dan PhD dari University of Western Ontario. Minat penelitiannya meliputi perilaku pencarian informasi, karya para sarjana dan profesional, perpustakaan akademik, teknologi informasi, literasi informasi, dan perpustakaan sebagai ruang publik. Gloria saat ini berada di Dewan Asosiasi Kanada untuk Ilmu Informasi serta di Dewan Editorial Journal of Academic Librarianship dan Canadian Journal of Information and Library Science. sedangkan John E. Buschman adalah pustakawan universitas asosiasi, Koleksi, Pelestarian & Komunikasi Ilmiah, Perpustakaan Lauinger, Universitas Georgetown, Washington, DC.
Buku ini merupakan edisi baru, dengan sub judul Pendekatan Kritis Baru yang membahas jenis-jenis kritik, di antaranya adalah analisis teknologi feminis dan utopia. Keunikan dari buku ini ialah penulis menyajikan informasi yang berwawasan dan menggugah pemikiran tentang teknologi informasi dalam kepustakawanan dari perspektif kritis dan membahas mengenai aplikasi praktis dari teknologi informasi sehingga akan menarik bagi sebagian besar orang membaca.
Lalu apa yang ada di pikiran kita saat teknologi informasi telah merambah di dunia ini? Akankah teknologi informasi membawa dampak dalam dunia perpustakaan? Teknologi informasi menjadi sebagai peluang atau justru sebuah tantangan tersendiri bagi pustakawan dalam mengelola perpustakaan?
Pendekatan kritis baru. Dalam buku yang diterbitkan oleh penerbit Greenwood Publishing yang menerbitkan buku tentang edukasional dan akademik disinilah anda dapat menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut dan membuka wawasan lebih luas lagi dari perspektif kritis mengenai teknologi informasi dalam dunia perpustakaan.
Download fullteks disini

You may also like...

Language >>