Strategi Pembangkitan Ekonomi Lokal Melalui Destinasi Wisata Pedesaan Kabupaten Malan

Abstrak

Destinasi wisata merupakan sektor yang sangat potensial untuk membangun dan mengembangkan suatu kawasan, haik di lingkungan perkotaan maupun perdesaan. Destinasi wisata juga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di area wisata. Di lingkungan perdesaan, destinasi wisata perdesaan menjadi salah saw wahana pembangunan perdesaan yang berkelanjutan dalam rangka membangkitkan perekonomian masyarakat. Setiap desa memiliki keunikan pola hidup, budaya, dan produk kerajinan khas daerah yang menjadi keunggulan masing-masing desa Pengembangan destinasi wisata pedesaan menjadi salah satu bentuk pengembangan wilayah desa yang didasarkan pada penggalian potensi desa sebagai atribut produk wisata. Dalam pengembangan destinasi wisata pedesaan, masyarakat bukan sebagai obyek pasif melainkan subyek aktif. Artinya, masyarakat tidak ,hanya menjadi tujuan kegiatan pariwisata melainkan juga menjadi penyelenggara dan pelaku kegiatan pariwisata. Masyarakat menjadi bagiaii yang tidak terpisahkan dari produk wisata sehingga produk wisata memiliki ciri khas budaya setempat. Desa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Desa Sumberagung Kecamatan Ngantang, Desa PetungcPwm Kecamatan Dau, DesaLang Lang KPeamatmn Singosari dan Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Keempat desa. sampel memiliki karakteristik dan ‘Won destinasi wisata yang sangat herbeda. Faktor sosial, ekonomi dan budaya dapat menjadi potensi dan sekaligus hambatan dalam mengembangkan rencana strategis desa kedepannya untuk menjadi desa wisata seutuhnya. Strategi pembangkitan ekonomi lokal melalui destinasi wisata pedesaan akan membuat rumusan beberapa strategi yang secara umum dapat diimplementasikan ke seluruh desa. Strategi yang dihasilkan merupakan strategi yang berkaitan dengan sustanable economy, environmental and development approach dan community approach.

Download fullteks Disini

You may also like...