Inovasi model instrumen evaluasi literasi fungsional bisnis dan kewirausahaan bagi pendidikan tingkatmenengah dan perguruan tinggi

Abstrak

Memiliki literasi bisnis dan kewirausahaan yang baik, akan dapat membantu memberikan kesuksesan kepada seseorang dalam mendirikan dan menjalankan sebuah usaha. Pendidikan melalui pembelajaran bisnis dan kewirausahaan, diharapkan menciptakan masyarakat yang melek (literate) terhadap bisnis dan kewirausahaan itu sendiri. literasi bisnis dan kewirausahaan yang dirnaksud adalah kemampuan rnenggunakan pengetahuan, mengidentifikasi permasalahan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti, dalam rangka memahami dan membuat keputusan tentang bisnis dan kewirausahaan, dan melakukan pentbahan tingkat ekonomi untuk kehidupan dari individu itu sendiri. Telah banyak pelatihan-pelatihan ataupun pembelajaran yang memberikan pengetahuan tak terbatas kepada masyarakat tentang bisnis dan kewirausahaan, tetapi tidak ada inovasi model instrumen evaluasi literasi fungsional yang mengukur secara tepat apakah semua pelatihan dan pembelajaran yang telah dilakukan efektif, sesuai dart memang benar-benar menjadi sebuah pengetahuan dasar kuat untuk bagi masyarakat. Agar dapat mengakses tingkat literasi bisnis dan kewirausahaan sebagai hasil proses pelatihan dan pembelajaran seseorang, perlu dikembangkan alat evaluasi untuk hal tersebut sehingga pembelajaran dan pelatihan yang dilaksanakan bisa tepat materi dan tepat sasaran. Penelitian ini memperolek hasil bahwa evaluasi dalam mata pelajaran ataupun mata kuliah kewirausahaan belumlab mampu mengukur apakah peserta didik sudah memiliki kompetensi dasar sebagai wirausaha atau tidak. Evaluasi yang diberikan oleh pengampu mata pelajaran ataupun mata kuliah kewirausahaan hanya berdasarkan teori yang telah diajarkan (berbasis teori). Terdapat pula informasi bahwa perkembangan ilmu yang sangat pesat pada bidang bisnis dan kewirausahaan baik di pendidikan tingkat menengah maupun pendidikan tinggi yang tidak hanya terbatas di bidang bisnis namun adanya perkembangan di bidang lain untuk peningkatan potensi lokal seperti bidang pariwisata, pertanian, peternakan. Kurikulum saat ini yang ada di pendidikan tingkat menengah perlu di sesuaikan dengan di tingkat perguruan tinggi agar nantinya dapat selaras dalam menghasilkan luaran yang sesuai dengan tujuan dan capaian kurikulum. Sehingga evaluasi ini dibuat untuk mengukur apakah kurikulum dan materi kewirausahaan yang tetah diberikan kepada peserta didik sudah tepat.

Download fullteks Disini

You may also like...