Laporan Penelitian ”Pengaruh Volume Usaha, Modal Sendiri Terhadap Rentabilitas Modal Sendiri Yang Dimoderasi Oleh Jumlah Anggota Koperasi Wanita (KOPWAN)”, oleh Dr. Ely Siswanto, S.Sos, M.M., Manajemen – Fakultas Ekonomi UM.

Laporan Penelitian ”Pengaruh Volume Usaha, Modal Sendiri Terhadap Rentabilitas Modal Sendiri  Yang Dimoderasi Oleh Jumlah Anggota Koperasi Wanita (KOPWAN)”, oleh Dr. Ely Siswanto, S.Sos, M.M. ,Manajemen – Fakultas Ekonomi UM.

  1. Latar Belakang

              Jawa timur adalah salah satu propinsi yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia. Salah satu sektor yang menyumbang pertumbuhan ekonorni adalah koperasi dan UMKM. Data tahun 2015 menyebutkan bahwa UMKM dan Koperasi menyumbang 20% dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur atau sekitar Rp 1.690 triliun. Pada 2015, jumlah angkatan kerja Jawa Timur 20 juta orang, sedangkan yang bekerja 19 juta orang. Dari 19 juta orang yang bekerja di Jawa Timur 11 juta bekerja di sektor UMKM dan Koperasi (www.Jatimprov.go.id). Kontribusi yang besar dari UMKM dan Koperasi di Jawa timur merupakan prestasi yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi sejalan dengan persaingan usaha yang semakin ketat dan tantangan menghadapi pasar bebas ASEAN (MEA).

            Salah satu program pemerintah propinsi Jawa Timur terhadap peningkatan kontribusi koperasi dalam perekonomian adalah membentuk koperasi wanita. Salah alasan program ini adalah pemerintah propinsi Jawa Timur ingin meningkatkan peran perempuan dalam pemberdayaan perekonomian keluarga. Selanjutnya melalui perekonomian keluarga yang kuat akan membawa dampak positif terhadap perekonomian lingkungan sekitar. Hal ini memang tidak salah karena diberbagai daerah perempuan memegang peran yang cukup vital dalam perekonomian keluarga, teruma di daerah pedesaan. Selain itu, di luar negeri model pemberdayaan perekonomian yang melibatkan peran serta perempuan telah banyak dilakukan. pemberian hadiah nobel perdamaian 2006 bagi Prof Mohammad Yunus dan Grameen Bank dari Bangladesh memberi pelajaran berharga bagi pengelolaan ekonomi negaranegara di dunia. Salah satu pembelajaran menarik adalah lineamya eksistensi Grameen Bank dengan kenyataan sebagian besar nasabah yang dilayaninya adalah kaum perempuan.

Baca Fullteks Laporan Penelitian ”Pengaruh Volume Usaha, Modal Sendiri Terhadap Rentabilitas Modal Sendiri Yang Dimoderasi Oleh Jumlah Anggota Koperasi Wanita (KOPWAN)”, oleh Dr. Ely Siswanto, S.Sos, M.M.

You may also like...

Language >>