Pidato Guru Besar Prof. Dr. Sutopo, M.Si. “MEMFASILITASI SISWA MEMAHAMI FISIKA SECARA BERMAKNA DAN KOHEREN: TANTANGAN DAN ALTERNATIFNYA”

Kekuatan utama fisika adalah kemampuannya menjelaskan sejumlah besar fenomena alam yang kompleks dengan sejumlah kecil hukum dan prinsip saja. Oleh karena itu, banyak pendidik dan peneliti pendidikan fisika berpandangan bahwa salah satu tujuan penting pembelajaran fisika adalah memfasilitasi siswa memahami konsep-konsep esensial fisika secara terintegrasi dan koheren sehingga mampu menerapkannya untuk memecahkan masalah secara efektif [1-7]. Secara lebih rinci, tujuan tersebut dapat dielaborasi sebagai berikut. Kita ingin siswa dapat memahami setiap konsep fisika yang mereka pelajari sebagaimana yang dimaksud oleh komunitas ilmiah. Kita ingin siswa menyadari bahwa konsep-konsep fisika yang mereka pelajari cocok dengan pengalaman personal mereka dalam berinteraksi dengan alam. Kita ingin siswa menemukan koherensi dari akumulasi pengetahuan fisika yang telah mereka pelajari menjadi body of knowledge fisika yang sederhana namun indah [2]. Kita juga ingin siswa dapat menggunakan pengetahuan mereka secara efektif dalam memecahkan masalah. Perlu ditambahkan bahwa yang dimaksud dengan konsep di sini adalah segala ide dalam fisika yang mencakup definisi, prinsip, hukum, teori, dan persamaan matematis yang memetakan deskripsi abstrak fisika dengan benda-benda atau fenomena nyata di dunia fisik [2, 8].
Berdasarkan pengalaman membina matakuliah Fisika Dasar di prodi S1 Pendidikan Fisika UM selama ini, dalam membina matakuliah Kapita Selekta di prodi S2 Pendidikan Fisika selama beberapa tahun terakhir, dalam membimbing skripsi dan tesis pendidikan fisika selama ini, dalam bergaul dengan para guru fisika melalui berbagai forum, dan didukung oleh berbagai artikel penelitian pendidikan fisika, banyak tantangan yang perlu kita perhatikan dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Download fullteks Pidato Guru Besar Prof. Dr. Sutopo, M.Si. “MEMFASILITASI SISWA MEMAHAMI FISIKA SECARA BERMAKNA DAN KOHEREN: TANTANGAN DAN ALTERNATIFNYA”

You may also like...