(0341) 571035 library@um.ac.id

Salah satu ilmu yang didasari genetika adalah taksonomi, sebagai disiplin ilmu yang mencakup identifikasi, memberi nama dan mengklasifikasikan organisme. Taksonomi berperan penting dalam menyediakan perangkat pengetahuan untuk mengkarakterisasi organisme dan sekaligus merekognisinya dalam rangka memahami keanekaragaman. Taksonomi juga diartikan sebagai ilmu yang mendefinisikan dan mendokumentasikan keanekaragaman biologi, yang mengungkap kesamaan dan perbedaan di antara kelompok organisme sebagai dasar pengetahuan berbagai aspek lain dalam biologi (National Biological Information Infrastructure, 2010).
Salah satu tugas taksonomi adalah mendokumentasikan perubahan-perubahan yang terjadi selama evolusi dan merubahnya ke dalam sebuah sistem klasifikasi yang mencerminkan hubungan evolusi (evolutionary relationship) dari kelompok-kelompok organisme biologi. Banyak organisme memiliki karakter yang homolog karena memiliki nenek moyang yang sama. Sebagai contoh, suatu spesies yang memiliki lebih banyak kesamaan genetik, jalur metabolisme, dan protein struktural dengan spesies lain akan memiliki hubungan kekerabatan yang lebih dekat dibandingkan dengan spesies lain yang berkerabat jauh. Hubungan evolusi yang direkontruksi dengan baik dapat digunakan sebagai landasan untuk melakukan penelitian-penelitian komparatif misalnya dalam bidang ekologi dan biogeografi.
Sejarah evolusi dari sekelompok organisme dapat digambarkan dengan diagram bercabang yang disebut pohon filogeni. Terdapat dua pendekatan untuk merekonstruksi hubungan evolusi, yaitu fenetik dan kladistik. Pendekatan fenetik menaksir hubungan evolusi berdasarkan kepemilikan karakter atau ciri yang sama (overall similarity) dari anggota-anggota suatu kelompok,sedangkan pendekatan kladistik berdasarkan pada hubungan perjalanan evolusi karakter atau ciri dari setiap anggota suatu kelompok yang sedang dipelajari. Kladistik sering dikenal sebagai filogenetika dan merupakan pendekatan yang umum digunakan di dalam banyak penelitian taksonomi.
Download Fullteks Pidato Guru Besar Prof. Dr. Siti Zubaidah, S.Pd., M.Pd. “Integrasi Pendekatan Morfologi Dan Molekuler Dna (Deoxyribonucleic Acid) Dalam Taksonomi”

Translate ยป