(0341) 571035 library@um.ac.id


Malang-Dalam rangka sosialisasi pemanfaatan jurnal elektronik dan penerbitan karya ilmiah bagi sivitas akademika UM, Universitas Negeri Malang bekerjasama dengan iGroup Asia Pacific Ltd. menyelenggarakan Sosialisasi Penggunaan dan Akses E-Journal Springer Nature.

Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 12 Februari 2019,pukul 09.00 – 12.00 WIB bertempat di Aula Perpustakaan Lantai 2. Acara diawali dengan sambutan oleh Drs. Darmono , M.Si. Beliau menekankan bahwa Perpustakaan UM telah melanggan berbagai macam Provider/Publisher EJournal dan Ebook yang siap dimanfaatkan untuk seluruh civitas akademika UM. Harapan Beliau agar Perpustakaan UM menjadi mitra rujukan bagi civitas akademika dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah atau menyelesaikan research paper.

Hadir perwakilan Springer,Bagas Handoko. Bagas Handoko memberikan materi terkait bagaimana akses Springer dan pemanfaatan tools springer khusus bagi civitas akademika UM yang ingin menulis atau menerbitkan tulisan. Selain itu, juga ditampilkan bahwa lebih dari 50% jurnal yang terdapat di Springer terindeks oleh Scopus. Ini tentu peluang bagi peserta yang hadir untuk memanfaatkan Springer semaksimal mungkin.

Materi penerbitan ini menarik bagi peserta terutama dosen dan mahasiswa pascasarjana yang tentu memiliki kewajiban untuk menerbitkan karya pada jurnal internasional. Materi yang dipaparkan ialah bagaimana caranya menerbitkan artikel di Jurnal Internasional, menulis buku dengan Penerbit Springer, bahkan tips bagaimana menerbitkan dan memilih Jurnal yang sesuai, meskipun itu jurnal Open Access namun tetap harus berhati-hati.

Ketika akan menerbitkan artikel, hendaknya memperhatikan lima hal, antara lain; (1) Reputable Publisher (Apakah penerbitnya mempunyai reputasi? bukan abal-abal/predator), (2) Editorial Board (Editor memiliki kompetensi di bidangnya secara internasional) (3) Indexed (Terindeks oleh database yang umum diketahui), (4) Authors (Penulisnya bereputasi dan bisa dilacak masing-masing karyanya atau dapat membuka Authormapper https://www.authormapper.com/ dan ORCID https://orcid.org/), (5) Fees (Pastikan, bayar setelah artikel diterima, untuk menghindari predator).

Beberapa tool disampaikan kepada peserta yang hadir, salah satunya layanan unggulan dari Springer yaitu Journal Suggester https://journalsuggester.springer.com/. Peneliti dapat menggunakan layanan tersebut untuk melihat jurnal internasional yang sesuai dengan artikelnya. Hanya dengan memasukkan judul dan abstrak serta kata kunci, Springer akan membantu nama jurnal beserta linknya.

Acara tersebut dihadiri kurang lebih 200 peserta. Peserta didominasi Mahasiswa dan Dosen UM.

Translate »