Model pelatihan heutagogis untuk pamong belajar dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan Program pendidikan luar sekolah dan 3 karya lain dari Sopingi, S. Sos. , M.Pd.

Cover Prosiding FIP UM

Cover Prosiding FIP UM

Pamong belajar (PB) pada adasarnya merupakan jabatan strategis bagi pengembangan pendidikan luar sekolah (PLS) ke depan. Tugas pokok dan fungsi PB adalah pengembangan model dan pengendalian mutu program-program PLS yang ditempatkan di SKB, BPKB, BP-PAUDNI dan P2-PAUDNI di seluruh Indonesia. Akibat belum optimalnya sistem rekruitmen, pembinaan, dan penugasan PB, maka produk kerja PB dirasakan kurang optimal. Model pelatihan heutagogis, oleh karena itu, dibutuhkan sebagai upaya peningkatan produktivitas kerja PB.
Model pelatihan heutagogis ini merupakan produk dari penelitian Hibah Besaing dan penelitian dilaksanakan dengan rancangan penelitian pengembangan. Temuan penelitian ini terdiri atas dua hal. Pertama, kemampuan heutagogis pamong belajar tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan oleh masih rendahnya kemampuan PB dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sebagai PB, dan masih rendahnya kemampuan refleksi diri dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai PB. Kedua, watching dan doing merupakan dua kecenderungan gaya belajar yang dimiliki PB. Karenanya, model grasping experience merupakan pola yang lebih disukai oleh PB dalam proses perolehan pengalaman belajar. Berpijak pada kecenderungan ini, maka desain model pelatihan yang relevan dikembangkan adalah model pelatihan yang lebih menonjolkan atau memberi porsi terbesar pada penguasaan pengalaman (grasping experience). Desain model yang dikembangkan lebih memberi penekanan pada proses mengamati pengalaman lapang (watching) dan melakukan praktik (doing) untuk mengembangkan program-program PLS.

Download fullteks disini

Adapun 3 karya lain dari Sopingi, S. Sos. , M.Pd., sebagai berikut :

  1. Transformasi perspektif mahasiswa terhadap Konsep pengorganisasian masyarakat
    Download fullteks disini
  2. Efektivitas Penyelenggaraan Program Kursus di Kabupaten dan Kota Bandung Jawa Barat
    Download fullteks disini
  3. Pengembangan kemampuan menulis karya ilmiah bagi Pendidik pls dalam terang pembelajaran transformasional
    Download fullteks disini

You may also like...

Language >>