KUMPULAN PIDATO PENGUKUHAN GURU BESAR

No Judul Artikel
1 Model Pendidikan Entrepreneurship di Perguruan Tinggi – Prof. Dr. F. Danardana Murwani, M.M.
2 Model Pendidikan Ekonomi Anak Usia Dini untuk Membendung Sikap Konsumerisme pada Usia Dewasa – Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.S., Ak.
3 Migrasi Internasional Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Dampaknya terhadap Daerah Asal – Prof. Dr. Budijanto, M.Sos
4 Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. dalam Bidang Ilmu Psikologi Universitas Negeri Malang
5 Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd. dalam Bidang Ilmu Linguistik Terapan Universitas Negeri Malang
6 Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd
7 Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Prof. Drs. Effendy, M.Pd, Ph.D dalam Bidang Ilmu Kimia Anorganik Fisik
8 Pidato Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd, M.Si Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan
9 Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Sosial, Prof. Dr. Drs. Mohammad Zainuddin, M.Pd, FIP Universitas Negeri Malang
10 Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengajaran Bahasa Arab, Prof. Drs. Muhaiban, FS Universitas Negeri Malang
11 Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Matematika Prof. Drs. Purwanto, Ph.D FMIPA Universitas Negeri Malang
12 Pembelajaran Kewirausahaan dan Pemberdayaan UMKM berbasis kearifan lokal untuk penguatan ekonomi
13 Fungsi Cita Hukum Pancasila dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dan Pengujiannya – Prof. Dr. Suko Wiyono
14 Pidato Guru Besar Biologi sebagai Sumber Belajar untuk Generasi Masa Kini dan Mendatang yang berintegritas dan Berperadaban Tinggi – Prof. Dr. agr. M. Amin
15 Pengembangan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Jasmani & Olahraga Oleh Prof.Dr.H. M.E.Winarno, M.Pd
16 Tinjauan Savana Tropik di Dalam Kawasan Taman Nasional oleh Prof. Dr. Ir. Suhadi. M.Si
17 Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Urgensi Dan Permasalahannya – Oleh: Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo, M.M.
18 Budaya Bisnis dan Perkembangan Manajemen Sumber Baya Manusia di Singapura, Thailand dan Jepang – oleh: Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed.,M.Si
19 Menggagas Interkoneksi Antar Jalur Pendidikan: Sinergi Pendidikan Sekolah Dan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Pembangunan Pendidikan Nasional – Oleh Prof. Dr. Supriyono, M.Pd
20 Mempersiapkan Green Entrepreneurs Untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh Prof. Dr. Ery Tri Djatmiko, MA, M.Si
21 Mewujudkan Pemerolehan Bahasa Dalam Pembelajaran Di Dalam Kelas – Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali, M.Pd
22 Gagasan (HCN + K) Untuk Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dalam Kompetisi Global – Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc
23 Pengelolaan Sampah Terpadu Melalui Pendidikan Masyarakat Berbasis Pembudayaan 6M oleh Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar, M.S.
24 Kedaulatan Indonesia Dalam Perjalanan Sejarah Politik oleh Prof. Dr. Hariyono, M.Pd
25 Menuju Pembelajaran Bahasa Arab Yang Lebih Memandirikan (Maha)Siswa oleh Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd
26 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Bidang Otomotif: Teknologi, Keamanan Dan Polusinya oleh: Prof. Dr. Marji, M.Kes
27 Revitalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar oleh Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd
28 Praktik Bisnis Waralaba (Franchise) Di Indonesia, Peluang Usaha Dan Investasi oleh Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si.
29 Fenomena Demotivasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah: Penyebab dan Alternatif Pemecahannya oleh Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd
30 Kecerdasan Dan Bakat Sebagai Prediktor Prestasi Belajar Siswa Dan Kinerja Profesi – Prof. Dr. Marthen Pali, M.Psi
31 Pengendalian Keseimbangan Air Tanah Di Kota Dengan Pendekatan Geografi – Prof. Dr. Sugeng Utaya, MSi
32 Pembelajaran Kemahirwacanaan (Literacy Learning) untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar (Learning Autonomy) – Prof. Hj. Utami Widiati, M.A., Ph.D
33 Pencemaran Bahan Makanan dan Makanan Hasil Olahan Oleh Berbagai Spesies Kapang Kontaminan Serta Dampaknya Terhadap Kesehatan – Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti, M. Pd
34 Pembelajaran Berargumentasi Tulis Bahasa Indonesia – Prof. Dr. Dawud, M.Pd
35 Pengembangan Materi Pembelajaran BIPA Berdasarkan Tujuan Belajar Pelajar Asing – Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd
36 Pendidikan Nonformal Dalam Konteks Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan – Prof. Dr. S. Mundzir, M.Pd
37 Implikasi Teori Sosiologis dan Budaya Patriarkhi dalam Pembelajaran IPS SD Berbasis Gender – Prof. Dr. Hj. Ruminiati, MSi
38 Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau – Prof Dr Sumarmi MPd
39 Perawatan Sarana Sekolah Melalui Sekolah Berbudaya Lingkungan – Prof. Dr. Haris Anwar Syafrudie, M. Pd.
40 Pengalaman Berupaya menjadi Guru Profesional – Prof. Dr. Duran Corebima Aloysius
41 Pembelajaran Kolaborasi Landasan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa Saling Menghargai dan Tanggung Jawab – Prof. Dr. Punaji Setyosari
42 Hubungan Antara Bahasa dan Gender Serta Implikasinya dalam Pembelajaran Writing – Prof. Dr. Nur Mukminatien, M. Pd – file 1
43 Hubungan Antara Bahasa dan Gender Serta Implikasinya dalam Pembelajaran Writing – Prof. Dr. Nur Mukminatien, M. Pd- file 2
44 Hubungan Antara Bahasa dan Gender Serta Implikasinya dalam Pembelajaran Writing – Prof. Dr. Nur Mukminatien, M. Pd – file 3
45 Problematika Pembelajaran Geografi – Prof. Dr. Edy Purwanto, M. Pd
46 Membumikan Pembelajaran Matematika di Sekolah – Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc -2009
47 Memahami Perilaku Ekstrim Gelombang Permukaan Air – Prof. Dr. Toto Nusantara 2009
48 Menuju Universitas Kelas Dunia (World Class University) – Mohammad Huda AY-2009
49 Kesemestaan Sosiolinguistik – Abdul Syukur Ibrahim-2009
50 Upaya Pembelajaran Guru IPA Biologi Masa Depan yang Cerdas dan Profesional – Herawati Susilo – 2009
51 Strategi Pembangunan Kependidikan Dan Kebijakan Yang Ditempuh Di Era Global / oleh Salladien
52 Peranan Pendidikan Luar Sekolah Sebagai Penggerak Pembangunan Dalam Mengatasi Migran Perkotaan / M. Saleh Marzuki
53 Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia Tinjauan Terhadap Unjuk Kerja Pembelajar serta Upaya Peningkatannya / oleh H. Ali Saukah
54 Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Leksikon Sebuah Alternatif Yang Tepat Untuk Pengajaran Bahasa Inggris Di Indonesia / oleh Siusana Kweldju
55 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial menyongsong Abad Ke-21 / oleh Sunaryo
56 Pencarian Makna Nilai-Nilai Etos Kerja dalam Pengembangan Pribadi Dan Karier Guru (Kajian Dari Paradigma Bimbingan Karier) / oleh Sutoyo Imam Utoyo
57 Paradigma Kategori Guru Kaitanya Dengan Profesionalisai Tenaga Kependidikan / oleh Pieter Alex Sahertian
58 Menuju Pengajaran Bahasa Berbasis Strategi Belajar – Implikasi Kajian Strategi Belajar Bahasa Kedua / oleh H. Nuril Huda
59 Mencari Paradigma Baru Pemecahan Masalah Belajar Dari Keteraturan Menuju Kesemrawutan / I Nyoman Sudana Degeng
60 Manajemen Pembinaan Profesinal Guru berwawasan pengembangan Sumber Daya Manusia Suatu Kajian Konseptual-Historik dan Empirik / oleh Willem Mantja
61 Membangun Tradisi Demokrasi Lewat Kelas-Kelas Sains / oleh H. Suhadi Ibnu
62 Lintas Budaya Pada Masa Peralihan di Jawa Timur Abad XV-XVI M (Kontinuitas dan Kreatifitas dalam Budaya Islam) / oleh H. Moehamad Habib Mustopo
63 Landasan Pendidikan – Analisis Keilmuan, Teorisasi, dan Praktik Pendidikan / oleh Mohammad Dimyati
64 Laboratorium Sebagai Basis Pendidikan Teknik di Perguruan Tinggi / oleh H. Ahmad Sonhadji
65 Konstitusi Dalam Disiplin Ilmu Pengetahuan Sosial / oleh Nyoman Dekker
66 Keefktifan Organisasi Perguruan Tinggi Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan / oleh Hendyat Soetopo
67 Kecenderungan Munculnya Sikap Non Estetik Dalam Pengalaman Estetik Dan Pencegahanya / oleh A.J Soehardjo
68 Filasat Pancasila Sebagai Filsafat Pendidikan – Landasan dan Wawasan Normatif Praktek Kependidikan.. / oleh Muhammad Noor Syam
69 Pendidikan Bahasa dan Pembangunan / oleh Zuchridin Suryawinata
70 Ekologi Sebagai Dasar Untuk Memahami Tatanan Dalam Lingkungan Hidup / oleh Radyastuti Winarno
71 Budaya Komunikasi yang Terungkap dalam Wacana Bahasa Indonesia / oleh H. Suparno
72 Beberapa Prinsip Penciptaan Situasi Belajar Mengajar Biologi Yang Dinamis / H. Amiruddin Arief
73 Beberapa Aspek Biologi Dan Peranannya Dalam Kehidupan / oleh D. Dwidjoseputro
74 Atribusi Terhadap Sebab-Sebab Keberhasilan dan Kegagalan Serta Kaitannya Dengan Motivasi Untuk Berprestasi / oleh Wayan Ardhana
75 Arah Baru Kebijakan Pembangunan Koperasi di Indonesia dan Strateginya Lewat Jalur Pendidikan / oleh J. G. Nirbito
76 Analisis Wacana dan Penerapannya / oleh Soeseno Kartomihardjo
77 Aktualisasi Pengembangan Ilmu Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional / oleh M. Soedomo
78 Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: kebijakan, implementasi, dan kenyataan / oleh Hj. Kasihani K.E. Suyanto
79 Meramu Model Konseling Berbasis Budaya Nusantara: KIPAS (Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur) / oleh Prof. Dr. Andi Mappiare, A.T., M.Pd.
80 Inovasi Pembelajaran Teknik dan Vokasi: Antisipasi Terhadap Perubahan Paradigma Belajar / oleh Prof. Dr. Waras Kamdi, M.Pd.
81 Kearifan Sebuah Universitas / oleh Prof. Dr. Hadi Nur
82 Pengembangan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Jasmani dan Olahraga/ oleh Prof M.E. Winarno
83 Integrasi Pendekatan Morfologi Dan Molekuler Dna (Deoxyribonucleic Acid) Dalam Taksonomi / oleh Prof. Dr. Siti Zubaidah, S.Pd., M.Pd
84 MEMFASILITASI SISWA MEMAHAMI FISIKA SECARA BERMAKNA DAN KOHEREN: TANTANGAN DAN ALTERNATIFNYA / oleh Prof. Dr. Sutopo, M.Si
85 STIRLING ENGINES: OPERATIONAL THEORY, DEVELOPMENT HISTORY, DESIGN CONFIGURATIONS AND APPLICATIONS / oleh Prof. Dr. Rosli Bin Abu Bakar
86 Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 / oleh Prof. Dr. Imron Arifin, M.Pd.
87 KIPRAH NANOMATERIAL DALAM KEHIDUPAN MANUSIA DAN DAMPAKNYA / oleh Prof. Dr. Fauziatul Fajaroh, M.S.
88 POTENSI KEKAYAAN HAYATI INDONESIA SEBAGAI ALTERNATIF TERAPI DIABETES MELLITUS DALAM SUDUT PANDANG BIOLOGI REPRODUKSI / oleh Prof. Dr. Abdul Gofur, M.Si
89 PEMBELAJARAN DETEKSI KUALITAS AIR SEDERHANA DENGAN INDIKATOR BIOLOGI BENTOS MAKROINVERTEBRATA / oleh Prof. Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd
90 Rekonstruksi Kritis Kurikulum Pendidikan Biologi / oleh Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si
91 Membaca Kritis dengan Strategi Lingkar Literasi bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Konteks CLIL / oleh Prof. Dr. Sri Rachmajanti, Dip.TESL, M.Pd.

You may also like...