(0341) 571035 library@um.ac.id

Buku karya Prof M.E. Winarno ( Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang) berjudul “Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan”.

Daftar Isi

BAB I PENGERTIAN, TUJUAN DAN PRINSIP TES, PENGUKURAN DAN EVALUASI
A. Tujuan Pembelajaran
B. PENGERTIAN TES, PENGUKURAN DAN EVALUASI
1. Pengertian Tes
2. Pengertian Pengukuran
3. Pengertian Evaluasi
C. TUJUAN DAN PRINSIP TES, PENGUKURAN DAN EVALUASI
1. Tujuan Pengukuran dan Evaluasi
2. Prinsip-prinsip Pengukuran dan Evaluasi
Rangkuman

BAB II ADMINISTRASI PROGRAM PENGUKURAN DAN EVALUASI
PENDIDIKAN JASMANI
A. Tujuan Pembelajaran
1. Pendahuluan
2. Pengadministrasian Tes
3. Analisis dan Kegunaan Hasil Tes
Rangkuman

BAB III KRITERIA MENYELEKSI DAN MENYUSUN TES
A. Tujuan Pembelajaran
1. Mempunyai Validitas
2. Mempunyai Reliabilitas
3. Mempunyai Obyektivitas
4. Memiliki Norma
5. Ekonomis
6. Mempunyai Petunjuk Pelaksanaan
Rangkuman

BAB IV PENYUSUNAN TES KETERAMPILAN OLAHRAGA
A. Tujuan Pembelajaran
1. Pendahuluan
2. Sifat, Kriteria dan Pengembangan Tes Keterampilan Olahraga
(1) Sifat Tes Keterampilan Olahraga
(2) Kriteria Tes keterampilan olahraga yang baik
(3) Rancangan Tes Keterampilan Olahraga
(4) Pengembangan Tes Keterampilan Olahraga
Validitas Butir Instrumen Baterry
3. Langkah-langkah Pembuatan Tes Keterampilan Olahraga
(1) Tentukan Tujuan Dibuatnya suatu Tes
(2) Identifikasi Kemampuan yang Akan diukur
(3) Memilih butir tes gerak
(4) Fasilitas dan Peralatan
(5) Laksanakan Satu Studi Percobaan dan Revisi Butir Tes
(6) Pilih Subyek yang Akan digunakan
(7) Tentukan Kesahihan Butir-butir Tes
(8) Tentukan Keterandalan Butir Tes
(9) Menentukan Norma yang Dipakai
(10) Membuat Panduan Tes
Rangkuman

BAB V PENYUSUNAN TES PENGETAHUAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
Keputusan-keputusan pendahuluan
Evaluasi Proses atau hasil
Sasaran Pendidikan, Evaluasi Formatif dan Sumatif
Tes Penguasaan & Perbedaan
JENIS-JENIS TES UNTUK EVALUASI
Observasi Langsung
Ujian Lisan
Tes Esai
Tes Jawaban Pendek
Tes Penampilan Motorik
LANGKAH-LANGKAH DALAM MENYUSUN TES PENGETAHUAN
Merencanakan Ujian
Mempersiapkan Ujian
Mempersiapkan Butir-butir Tes
Tes Esai
Menentukan Kualitas Tes
Analisis Butir
Teknik Analisis Butir Soal
Rangkuman

BAB VI KOMPONEN-KOMPONEN KETERAMPILAN MOTORIK
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan Tes
Kekuatan-Daya Tahan
Tes Kekuatan Angkat Berat
Tes Kebugaran AAHPER
Tes Daya Tahan Otot Dinamis
Teknik Pengukuran
Tes Power Margaria Kalamen
Tes Ketangkasan-Koordinasi
Kelentukan Keseimbangan
Tes Kelentukan Keseimbangan
Rangkuman

BAB VII TESTING ANAK PRASEKOLAH DAN AWAL SD
Tujuan Pembelajaran
Evaluasi Pola-Gerak Motor-Perseptual
Diagnostik Tes Kemampuan Motorik

BAB VIII TEKNIK PENGUMPULAN DATA
A. Tujuan Pembelajaran
1. Pendahuluan
2. Teknik Pengumpul Data
(1) Teknik Tes
(2) Teknik Non Tes
a) Observasi
b) Kuisioner
c) Intervieu
d) Sosiometri
e) Daftar Pribadi
f) Studi Kasus
Rangkuman

BAB IX TEKNIK EVALUASI
A. Tujuan Pembelajaran
1. Pendahuluan
2. Pemberian Angka (Scoring)
3. Pendekatan dalam Penilaian
1. Penilaian Acuan Norma (PAN)
2. Penilaian Acuan Patokan (PAP)
4. Pemberian nilai (Grading)
1. Pemberian Nilai Berdasarkan PAN
2. Pemberian Nilai Berdasarkan PAP
5. Teknik Konversi
6. Memberi Nilai Akhir Matakuliah
1. Prinsip-prisip Umum
2. Metode Point Score
3. Metode Nilai Rata-rata
Rangkuman

 

Download Fullteks Buku “Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan” karya Prof M.E. Winarno.

Translate »