(0341) 571035 library@um.ac.id

backdrop-1200x686
LATAR BELAKANG

  • Memasuki Tahun 2018 , yaitu Tahun Keempat Pemerintahan Presiden Jokowi-JK, maka Kemenristekdikti perlu mereview pelaksanaan program, kegiatan & anggaran 2017 dan juga memantapkan program/kegiatan & anggaran 2018 agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar.
  • Selain itu, Kemenristekdikti juga perlu melakukan respon terhadap Isu Strategis  seperti Revolusi Industri 4.0, dimana digitalisasi menjadi kuncinya, yang akan mendisrupsi banyak aktivitas ekonomi yang ada.
  • Revolusi Industri 4.0 berjalan secara eksponensial. Kemungkinan miliaran manusia akan terhubung mobile devices, dengan kemampuan dan kekuatan untuk memproses, menyimpan, dan mengakses pengetahuan melalui internet, sangat tidak terbatas. Luasan serta kedalaman dampak perubahan telah, sedang, dan akan mentransformasi sistem produksi, manajemen, serta tata kelola pemerintahan.
  • Oleh karena itu, dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2018 perlu dilakukan pembahasan untuk menyiapkan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan iptek dan pendidikan tinggi.

 

MAKSUD & TUJUAN

Rakernas ini bertujuan untuk :

  1. Melakukan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran tahun 2017 dan Menyampaikan Outlook Program & Anggaran 2018.
  2. Menyusun rekomendasi Pengembangan Iptek Dikti dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam berbagai hal: kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan cyber university, risbang dan inovasi.
  3. Penuntasan Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) & Memastikan pencapaian Target Reformasi Birokrasi 2018.

 

HASIL YANG DIHARAPKAN

  1. Hasil Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran tahun 2017 & Outlook Program & Anggaran 2018 untuk menjadi referensi dalam pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran 2018.
  2. Rekomendasi langkah-langkah strategis Kemenristekdikti dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dalam berbagai hal: Kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan cyber university, risbang dan inovasi.
  3. Rekomendasi Langkah-langkah Pembentukan Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) & Target Reformasi Birokrasi 2018 lainnya

 

MATERI PRESENTASI

  1. Science, Technology, and Higher Education in Indutrial Revolution 4.0
    Dr. Hayat Sindi (Senior Advisor to the IDB President). Download disini
  2. The Development of Science, Technology, and Higher Education for Industrial Revolution 4.0
    a. Prof Chao Lung Yang ( National Taiwan University of Science and Technology). Download disini.
    b. Prof Jang Youn Cho (Cyber Hankuk University of Foreign Studies (CUFS)). Download disini.
    c. Adamas Belva Syah Devara (Founder and CEO Ruangguru). Download disini.
    d. Suyanto (Rektor Amikom). Download disini.
  3. Ristekdikti dalam era reformasi Industri 4.0. Download disini.
  4. Kelembagaan, Bidang Studi, Kurikulum, Sumberdaya, serta Pengembangan Cyber University. Materi 1,   Materi 2,   Materi 3.
  5. Ristekdikti dalam era reformas Industri 4.0. Download disini.
  6. Pengembangan Iptek dan Inovasi. Materi 1Materi 2.
  7. Peranan LIPI dalam Riset di Era Industri 4.0. Download disini.
  8. Target RB 2018. Download disini.
  9. Penuntasan Zona Integritas, WBK, dan WBBM. Materi 1 ,  Materi 2.
  10. Penyampaian Rekomendasi Hasil Rakernas 2018. Download disini.

 

Video Welcome Dinner

rakernas2018-1

Rakernas 2018 Ristekdikti Di Era Revolusi Industri 4.0

rakernas2018-1

Closing Dinner
rakernas2018-1
 

Semua konten diatas diambil dari situs https://ristekdikti.go.id/rakernas-2018. (tertanggal 22.01.2018)

 

Translate »