Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dipadu Metode Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-A MTS Surya Buana Malang

 

Alfi Maghfiroh

Siti Zubaidah

Susriyati Mahanal

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VII-A MTs Surya Buana Malang menunjukan bahwa kemampuan berpikir siswa masih rendah, dari 30 orang jumlah siswa kelas VII-A hanya 7 orang yang mengajukan pertanyaan, pertanyaan maupun jawaban yang diajukan siswa tergolong pada tingkat kognitif rendah. Kemampuan akademik siswa sangat heterogen yang ditunjukkan dari hasil ulangan yang memiliki interval nilai jauh yaitu pada rentang nilai 30-95, siswa kelas VII-A yang mencapai nilai ≥ 70 sekitar 73%. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dicoba diterapkan pembelajaran problem solving dipadu metode TPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-A MTs Surya Buana Malang.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A semester genap tahun ajaran 2010-2011 MTs Surya Buana Malang yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2011. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kemapuan bertanya dan menjawab siswa, dan soal tes. Aspek kemampuan berpikir siswa dilihat dari hasil observasi kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa, sedangkan hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir berdasarkan kemampuan bertanya siswa cenderung mengalami peningkatan dari 61,11% pada pra tidakan, 74,02% pada siklus I dan 77,08% pada siklus II, sedangkan kemampuan berpikir berdasarkan kemampuan menjawab siswa mengalami peningkatan dari 64,58% pada pra tindakan, 74,58% pada siklus I dan 83,71% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar biologi siswa juga cenderungmengalami peningkatan dari 73,3% pada para tindakan, 76,67% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Rerata hasil belajar biologi siswa juga mengalami peningkatan dari 70,47 pada para tindakan, 75,03 pada siklus I menjadi 76,5 pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving dipadu metode TPS dapat meningkatkan kemampun berpikir dan hasil belajar siswa kelas VII-A MTs Surya Buana Malang pada materi Ekosistem. Penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan strategi tersebut.

Kata kunci: Metode Pembelajaran Problem Solving dipadu Metode TPS, kemampuan berpikir, hasil belajar.

Download  Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dipadu Metode Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-A MTS Surya Buana Malang

You may also like...

Language >>