(0341) 571035 library@um.ac.id

Trinil Windayati

Susriyati Mahanal

Abstract

Selama 3 tahun berjalan ternyata dengan Lesson Study banyak guru MIPA yang merasakan manfaatnya, dan selalu ingin meningkatkan pembelajaran di kelasnya. Secara teoritis Lesson Study menyediakan suatu cara bagi guru untuk dapat memperbaiki pembelajaran secara sistematis. Dari pengalaman guru MIPA ini mendorong semangat guru non MIPA di SMP Negeri 2 Bangil untuk bias melaksanakan Lesson Study. Dari dorongan semangat tersebut, maka Kepala Sekolah menggagas untuk menrapkan Lesson Study Berbasis Sekolah di SMPN 2 Bangil. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengungkap manfaat Lesson Study Berbasis Sekolah dalam menigkatkan keprofesinalisme guru di SMPN 2 Bangil. 2) Mengungkap manfaat Lesson Study Berbasis Sekolah dlaam meningkatkan pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan rancangan penelitian deskriptif, metode pengambilan sampel melalui angket dengan instrument berupa kuisioner. Dari hasil analisis data diperoleh skor rata-rata manfaat Lesson Study Berbasis Sekolah terhadap peningkatan keprofesionalisme guru sebesar 3-3,8 atau kategori tinggi, dan skor rata-rata manfaat Lesson Study Berbasis Sekolah dalam meningkatkan pembelajaran di kelas sebesar 3,1-3,5 atau kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal berikut : 1) Penerapan Lesson Study Berbasis Sekolah di SMPN 2 Bangil dapat meningkatkan keprofesionalisme guru SMPN 2 Bangil. 2) Penerapan Lesson Study Berbasis Sekolah di SMPN 2 Bangil dapat meningkatkan pembelajaran di kelas.

Keywords : Lesson Study Berbasis Sekolah, profesionalisme guru

Download Meningkatkan Profesionalisme Guru SMPN 2 Bangil Melalui Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) disini.

Translate »