(0341) 571035 library@um.ac.id

Erni Purnasari

Herawati Susilo

Susriyati Mahanal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Lesson Study, kemampuan memanfaatkan sumber belajar melalui implementasi Lesson Study oleh guru model mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UM di SMA Negeri 4 Malang, serta perkembangan kemampuan memanfaatkan sumber belajar dalam hubungannya dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UM angkatan 2007 yang melaksanakan PPL semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah mahasiswa 3 orang sebagai guru model. Penelitian dilakukan di kelas X-1, X-2, dan X-3 yang diamati oleh 3-5 orang observer. Hasil penelitian adalah keterlaksanaan implementasi Lesson Study dari tahap plan, do, dan see mengalami peningkatan dari Lesson Study ke-1 sampai ke-9, kemampuan memanfaatkan sumber belajar oleh guru model mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UM melalui implementasi Lesson Study dengan sub variable kemampuan memilih dan menggunakan sumber belajar tergolong dalam kategori sangat baikm perkembangan kemampuan memanfaatkan sumber belajar oleh guru model mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UM melalui implementasi Lesson Study dalam hubungannya dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas ulangan harian Vermes mengalami peningkatan sebesar 37,7 untuk kelas X-1, 30,9 untuk kelas X-2, dan 36,8 untuk kelas X-3.

Kata kunci: lesson study, sumber belajar, guru model, hasil belajar

Download Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Sumber Belajar Oleh Guru Model Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UM Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 4 Malang