Pengembangan Model Perkuliahan Hybrid On-Line Untuk Menunjang Matakuliah Penelitian Pendidikan Fisika

Sentot Kusairi dan Sujito

Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang 65145

Abstrak: Telah dilakukan penelitian pengembangan model perkuliahan hybrid on-line untuk menunjang matakuliah penelitian pendidikan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan model perkuliahan hybrid on-line yang dapat mendukung pelaksanaan perkuliahan tatap muka matakuliah penelitian pendidikan fisika. (2) Mengetahui kelayakan model perkuliahan hybrid on-line menurut kajian reviewer ahli, kajian pengguna, dan keterbacaan mahasiswa. (3) Mendeskripsikan produk akhir model perkuliahan hybrid on-line. Model penelitian yang digunakan adalah model Four-D, Define, Design, Develop, dan Disseminate (Thiagarajan, dkk., 1974). Penelitian dilakukan dengan melibatkan mahasiswa peserta matakuliah penelitian pendidikan fisika. Validasi model perkuliahan hybrid on-line dilakukan oleh beberapa dosen dari Jurusan Fisika FMIPA UM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model hybrid on-line dibutuhkan oleh mahasiswa dalam rangka meningkatkan penguasaan materi perkuliahan. Model perkuliahan juga dibutuhkan dosen dalam mengelola perkuliahan yang lebih baik. Dalam penelitian ini telah dikembangkan modus-modus bahan perkuliahan yang dapat diakses melalui internet, forum diskusi, dan penugasan melalui internet. Hasil validasi dan ujicoba menunjukkan bahwa model yang dikembangkan dalam kategori layak digunakan dalam perkuliahan.

 

Kata Kunci: Model Perkuliahan, hybrid on-line

Download Pengembangan Model Perkuliahan Hybrid On-Line Untuk Menunjang Matakuliah Penelitian Pendidikan Fisika

You may also like...

Language >>