(0341) 571035 library@um.ac.id

20RINGKASAN

Kota Kediri sebagai salah satu Kota di Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu kota yang memiliki potensi beragam dalam mengembangkan berbagai hasil alam yang diperoleh. Berbagai usaha dan produk telah diproduksi di kota ini sehingga kota ini memiliki produsi khas unggulan yang dapat menyokong perekonomian masyarakat kota kediri. Berbagai hasil yang diperoleh antara lain yaitu sambel pecel, keripik tempe, tahu stik, dan telur asin. Selain produk tersebut masib banyak bidangjasa lainnya yang menjadi penyokong perekonomian masyarakat,.

Penelitian ini mengambil sampel salah satu daerah dimana masyarakat desa tersebut juga merupakan pelaku usaha pada bidang jasa dan produksi serta dagang. Dalam penelitian ini kami mengambil sampel pada Desa Betet Keeamatan Pesantren Kediri. Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawaneara langsung dengan Kepala Desa Betet dan wawaneara mendalam langsung dengan pelaku usaha, dimana pelaku usaha tersebut sebagai narasurnber dalam memberikan informasi kepada peneliti, daerah tersebut berpotensi besar untuk meproduksi berbagai macam basil olahan.

Hasil produksi khas yang menjadi ikon kota kediri yaitu kerpik tempe, sambel pecel, dan telur asin. Pelaku usaha bekerja sarna dengan pelaku usaha lain dalarn hal pemesanan plastic kemasan terutama untuk pelaku usaha makanan seperti sambal pecel dan keripik tempe. Untuk pelaku usaha pembuat kurungan diusahakan membuat model lain yang lebih inovatif sehingga lebih diminati oleh pasar. Selain solusi tersebut, sebaiknya membuat kerjasama antar pelaku usaha seperti membuka lesehan dengan produk yang dijual adalah hasil produksi masyarakat (produksi yang heterogen) dan diadakan pameran sebagai wadah pemasaran bersama.

Download Praktek Job Interview pada Mata Kuliah Bahasa Inggris di Jurusan Ekonomi Pembangunan

Translate ยป