Penelitian Pengembangan Komoditas/Produk/Jenis Usaha Unggulan UMKM Kabupaten Probolinggo

17RINGKASAN

PENELITIAN PENGEMBANGAN KPJU UMKM KABUPATEN PROBOLINGGO

2013

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran penting dan strategis, tercermin dari berbagai data yang mendukung eksistensi UMKM dalam perekonomian Indonesia cukup dominan menghadapi krisis. Data Kementrian Negara Koperasi& UKM tahun 2011 menyebutkan bahwa jumlah industri UMKM terdapat dalam setiap sector ekonomi dan tercatat sebanyak 51,3 juta unit atau setara 99,91 % dari total usaha. UMKM berpotensi besar menyerap tenaga kerja sebesar 97,04% dari total angkatan kerja yang bekerja. Kontribusi UMKM dalam pembentukan POB sebesar 55,56 % dari total POB.

Bank Indonesia dalam rangka mendukung pengembangan dan pemberdayaan UMKM melakukan penelitian tentang UMKM yang dapat dipergunakan sebagai informasi untuk mendorong pertumbuhan UMKM dan memperoleh KPJU Unggulan maupun potensial untuk kepentinganstakeholders, baik pemerintah daerah, perbankan, kalangan swasta, maupun masyarakat luas dalam upaya pemberdayaan UMKM.

Penelitian KPJU dimaksudkan untuk mengenal dan memahami profil daerah, profil UMKM, kebijakan Pemerintah dan peranan Perbankan dalam pengembangan UMKM, memberikan informasi tentang KPJU unggulan, memberikan informasi permasalahan yang timbul dari masing-masing KPJU unggulan, KPJU potensial, memberikan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah dan pihak perbankan dalam rangka pengembangan KPJU unggulan.

Penelitian KPJU dilaksanakan di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian KPJU ditemukan lima KPJU Unggulan, lima KPJU potensial dan permasalahan yang dihadapi oleh KPJU Unggulan

Download Penelitian Pengembangan Komoditas/Produk/Jenis Usaha Unggulan UMKM Kabupaten Probolinggo

You may also like...