Kebebasan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

RINGKASAN

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses perubahan yang berlangsung secara terencana dan berkelanjutan dengan sasaran meningkatkan kesejahteraan hidup manusia atau masyarakat suatu negara. Pembangunan ekonomi diartikan sebagai diartikan sebagai proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk suatu masyarakat meningkat. Tujuan utama pembangunan ekonomi adalah menciptakan tingkat pertumbuhan GNP yang setinggi-tingginya, akan tetapi diikuti dengan pemberantasan kemiskinan, penganggulangan ketimpangan pendapatan dan penyediaan lapangan kerja.

Keterbukaan dan kebebasan ekonomi menjadi isu yang banyak diperbincangkan dewasa ini. Kebebasan ekonomi mewakili sistem ekonomi pasar dianut harnpir semua negara di dunia termasuk Indonesia. Dalam pengkategorian indeks kebebasan ekonomi yang dikeluarkan oleh The Heritage Foundation, Indonesia dapat dikategorikan sebagai negara yang almost unfree. Apabila dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya, Indonesia memiliki tingkat kebebasan ekonomi yang rendah.

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami trend yang terus meningkat. Hal ini didukung berbagai faktor penopang pertumbuhan ekonomi nasional yang kini mulai bergerak naik. Tingginya konsumsi masyarakat yang selama ini mendominasi dan menjadi faktor penting terdongkraknya pertumbuhan ekonomi nasional, bersamaan dengan meningkatnya investasi dan ekspor.

Download Kebebasan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

You may also like...

Language >>