Praktik literasi informasi dari pustakawan di perguruan tinggi di Tenggara Nigeria

Alih bahasa dari karya Ebele N. Anyaoku, Chinwe N. Ezeani and Nkem E.Osuigwe

 

Pustakawan Perguruan Tinggi di banyak negara telah memperluas peran mereka untuk menjadi pendukung dan guru untuk melek informasi. Studi ini meneliti praktek melek informasi, keterampilan, tingkat keterlibatan pustakawan dan kendala program literasi informasi di perguruan tinggi di Nigeria Tenggara. Sampel adalah 76 pustakawan yang bekerja di Perpustakaan Universitas Negeri di Nigeria Tenggara. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian. Wawancara juga dilakukan untuk memastikan praktik kelembagaan pendidikan literasi informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perpustakaan mengajarkan keterampilan penggunaan perpustakaan dalam program studi umum. Hasil lain juga menunjukkan bahwa pustakawan memiliki keterampilan pada metode literasi informasi tradisional seperti mencari informasi secara fisik untuk mengatasi permintaan pengguna tetapi setidaknya terampil dalam teknologi informasi seperti membuat halaman web, manajer referensi dan teknik pencarian Boolean. Ada juga penggunaan alat TIK untuk pengajaran literasi informasi. Tantangan yang dihadapi termasuk kurangnya kebijakan literasi informasi kelembagaan dan kurangnya dukungan untuk mendorong literasi informasi. Studi ini menyimpulkan bahwa pustakawan akademik di Nigeria harus merencanakan dan melobi pelaksanaan mandiri yang efektif untuk literasi informasi di Universitas Nigeria.

 

Kata kunci: Informasi pendidikan keaksaraan, keterampilan literasi informasi, keterampilan komputer, pustakawan perguruan tinggi, Nigeria.

Download Praktik literasi informasi dari pustakawan di perguruan tinggi di Tenggara Nigeria.

You may also like...

Language >>