(0341) 571035 library@um.ac.id

6

Oleh:

HADI SUMARSONO, S.T., M.Si.
BAMBANG PRANOWO, M.Pd.
RO’UFAH INAYATI, S.Pd.
FARIDA RAHMAWATI, S.E.

Abstrak

Hibah pengajaran ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan belajar mahasiswa, khususnya pada mata kuliah Matematika Ekonomi. Hal ini dilatarbelakangangi karena proses belajar mengajar pada mata kuliah Matematika Ekonomi cenderung statis dan dirasa membosankan bagi sebagian besar mahasiswa.

Berdasarkan berbagai kenyataan tersebut dipandang perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dalam proses pembelajaran Matematika, yaitu pengembangan model pembelajaran terpusat pada mahasiswa (student centered) dan besifat Contextual Teaching and Learning(CTL).Berdasarkan karakteristik matematika ekonomi, Pembelajaran dengan pendekatan terpusat pada mahasiswa (student centered) dan besifat Contextual Teaching and Learning (CTL) yang cukup relevan adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) berhasis modul.

Kegiatan ini dilakukan bagi mahasiswa yang mengambil matakuliah matematika ekonomi pada semester gasal tahun ajaran 2006/2007. Dimana pada kelas yang paralel untuk offering matakuliah tersebut dimungkinkan perlakuan yang berbeda. Satu kelas dilakukan perlakuan dengan sistem modul dan yang lain tanpa modul.

Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa: (1). Model PBL berbasis modul ini dapat meningkatkan mahasiswa belajar mandiri baik secara individual maupun kelompok; Dengan kata lain manfaat dari penggunaan metode pembelajaran berbasis modul pada mata kuliah matematika secara efektif terlihat nyata dalam meningkatkan nilai dan prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan nitai skor gain, baik rata-rata gain skor kelas antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. maupun gain skor antara individu dari dua kelas terebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kondisi hasil gain nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. (2). berdasarkan analisis kualitatif melalui kuisener dan pernyataan terbuka menunjukkan bahwa persepesi mahasiswa terhadap model pembelajaran matematika berbasis modul bernilai baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata keseluruhan komponen pendukung yaitu; komponen model pembelajaran, komponen Substansi Materi, komponen Pengelolaan Kelas adalah bernilai 3.122931 (baik), meskipun beberapa komponen pendukung yang masih bernilai kurang dari 3,0 berdasarkan persepsi mahasiswa perlu peningkatan atau penyempurnaan.

Perubahan perilaku dan capaian nilai yang dituju dari model pembelajaran berbasis modul ini mengharuskan para dosen untuk melakukan kolaborasi antar dosen intern penanggunggjawab mata kuliah (PJMK). Kolaborasi dosen intern PJMK tersebut, salah satunya, dilakukan melalui kegiatan diseminasi hasil penelilian. Jika kondisi proses diseminasi dan kerjasama intern PJMK sudah bisa berjalan dengan lancar, kontrol proses belajar mengajar, serla kualitas output melalui penilaian akhir akan lebih bisa distandartkan. Dengan demikian, akhirnya kompetensi mahasiswa dalam kemampuan ekonomi secara keseluruhan lebih terjaga dan terbina.

Download Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Modul

Translate ยป