Pengembangan Model Pembelajaran Mata Pelajaran Akuntansi Di SMA dengan Pendekatan Kontekstual dan Problem Based Learning

8

Oleh :

Dr. Sri Umi Mintarti S.E.,Mp.Ak

Dr. Sunaryo HS. S.H., M.Hum

Ro’ufah Inayati, S.Pd., M.Pd.

 

Abstrak

Penelitian pengembangan model pembelajaran Akuntansi dengan strategi problem based learning (PBL) dan pendekatan kontekstual di SMA Negeri di kota Malang (SMAN 5, SMAN 8 dan SMAN 9) ini bertujuan: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaranAkuntansi di SMA Negeri di kota Malang; (2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar akuntansi, (3) untuk mengetahui apakah pendekatan kontekstual mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran akuntansi, (4) untuk mengetahui apakah strategi PBL mampu meningkatkan ketrampilan siswa dalam mata pelajaran akuntansi, (5) untuk mengetahui apakah buku ajar yang disusun dengan pendekatan kontekstual dapat memotivasi siswa dalam belajar akutansi.

Pengembangan pembelajaran yang digunakan mengacu pada model pengembanganDick, W. & Carey ciengan tahapan-tahapan berikut: (1) melakukan penelitian awal lewat observasi. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Akuntansidi SMA Negeri di kola Malang, masalah-masalah yang dihadapi dalam pembelajaran Akuntansi; (2) melakukan perencanaan pengembangan model pembelajaran Akuntansi dengan pendekatan kontekstual dan strategi PBL; dan (3) menyusun panduan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan strategi PBL, (4)menyunsun draf bahan ajar dengan pendekatankontekstual dan strategi PBL.

Basil penelitian yang diperoleh adalah: (1) masalah-masalah yang dihadapi SMA Negeri di kota Malang dalam pembelajaran Akuntansi adalah kurangnya alokasi waktu yang tersedia dalam kurikulum sehingga kegiatan mengerjakan latihan soal mengalami hambatan, metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional, buku ajar atau buku paket siswa tidak berkenaan dengan kehidupan dan lingkungan keseharian siswa; (2) perlu dilakukan metode pembelajaran bervariasi, terutama dengan strategi PBL; (3) Tersusunnya buku panduan hagi guru untuk meIaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstuaI dan strategi PBL (4) tersusunnya draf buku ajar mata pelajaran Akuntansi dengan pendekatan Kontekstuasal dan strategi PBL.

Drafbuku ajar yang tersusun ini, diharapkan dapat didesiminasikan kepada para guru SMA yang tergabung dalam MGMP ekonomi dan Akuntansi guna memperoleh masukkan dan saran-saran demi sempurnanya buku ajar ini. Dan pada akhimya buku ajar ini akan dapat menjadi buku yang dapat digunakan untuk seluruh SMA di Malang pada khususnya dan di Jawa Timur pada khususnya.

Download Pengembangan Model Pembelajaran Mata Pelajaran Akuntansi Di SMA dengan Pendekatan Kontekstual dan Problem Based Learning

You may also like...

Language >>