(0341) 571035 library@um.ac.id

9

Tim Peneliti:

Grisvia Agustin, S.E., M.Sc.

Dr. Hadi Sumarsono, M.Si

Dra. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

Ro’ufah Inayati. S.Pd.

Abstraksi

Penelitian ini penting dilaksanakan dalam rangka mencetak lulusan yang berdaya saing tinggi dengan pengembangan model dan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan aplikasi Computer Assisted Learning (CAL). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan adanya tuntutan terhadap mutu pendidikan perguruan tinggi yang sampai saat ini masih memprihatinkan. Isu permasalahan mutu lulusan perguruan tinggi yang tidak siap bekeIja berkenaan dengan motivasi, kualifikasi pendidikan, dan kompetensi, proses maupun produk lulusannya.

Untuk mendukung penerapan model pembelajaran berbasis TIK dengan aplikasi CAL dibutuhkan media pembelajaran inovatif yang sesuai, maka penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan aplikasi CAL. Perangkat lunak yang digunakan adalah Macromedia Flash MX Profesional 2004 sebagai front end dalam pembuatan animasi interface dan animasi tulisan. Untuk mengontrol animasi yang ada maka digunakan ActionScript 2.0 . Data-data materi yang ada disimpan menggunakan XML. Kemudian dilanjutkan dengan mendesain dan mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan aplikasi CAL melalui diskusi dengan ahli, praktisi pendidikan dan pengembang media pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan aplikasi CAL, dilanjutkan dengan uji coba media pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan aplikasi CAL untuk mencari umpan balik dan penyempumaan model pembelajaran beserta media pembelajaran interaktifnya.

Data yang diperlukan dalam penelitian ini akan dijaring melalui beberapa cara, yaitu studi dokumentasi, observasi, pengisian angket, tes tertulis, dan wawancara. Dari hasil analisis kepada mahasiswa menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan aplikasi CAL mampu untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar BLKBB. Dari hasil analisis kepada ahli pendidik, ahli BLKBB, dan dosen menunjukkan bahwa terdapat adanya relevansi media pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan aplikasi CAL dengan kompetensi yang ditetapkan, keakuratan dalam keilmuan, kelengkapan sebagai media pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan aplikasi CAL, sistematika, dan keterbacaan bagi mahasiswa.

Kata kunci : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Computer Assisted Learning (CAL), BLKBB

Download Pengembangan Model Pembelajaran dan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK dengan Aplikasi Computer Assisted Learning pada Mata Kuliah BLKBB

Translate »