(0341) 571035 library@um.ac.id

Tim Peneliti:
Dra. Lisa Rokhmani, M.Si
Roufah Inayati, S.Pd.
Drs. Much. Ichsan, SE, M. Pd., M.Si

bersama 5 orang mahasiswa:

Sri Handayani
Januar Kustiandi
Anni Inayah
Faizatul Hikmah
Denik Sulistyorini

4
ABSTRAK

Pembaharuan kurikulum Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM yang diterapkan sejak tahun akademik 2004/2005 memberikan target penguasaan kompetensi atau kecakapan hidup (life skills) bagi mahasiswa. Namun kegiatan pembelajaran di kelas masih belum mengacu tuntutan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis aktivitas belajar mahasiswa selama berlangsungnya pembelajaran model pemaduan problem-based learning dan cooperative learning tipe jigsaw dan sistem penilaian berbasis life skills mata kuliah Ekonomi Sumber Daya Manusia; (2) menganalisis prestasi belajar siswa yang mengalami pembelajaran model pemaduan problem-based learning dan cooperative learning tipe jigsaw; (3) Menganalisis penerapan pembelajaran model pemaduan problem-based learning dan cooperative learning tipe jigsaw yang dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar peserta mata kuliah Ekonomi Sumber Daya Manusia.

Subjek penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi peserta mata kuliah Ekonomi Sumberdaya Manusia. PTK ini dirancang untuk menguji keefektifan penerapan problem based learning dan cooperative learning tipe jigsaw pada mata kuliah Ekonomi Sumberdaya Manusia. PTK dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dan tahap-tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan telaah semua data yang diperoleh melalui: kategori data, validitas data, dan interpretasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan Prestasi belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan pada mata kuliah Ekonomi Sumber Daya Manusia semester Gasal 2006/2007 selama penerapan pembelajaran Model Pemaduan Problem-Based Leaming dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat mellingkat antara siklus I dan siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan rekomendasi bagi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM yaitu sesuai dengan tuntutan kurikulum Jurusan yang berbasis kompetensi maka bagi seluruh dosen Jurusan Ekonomi Pembangunan diharapkan dapat mencoba model inovatif lainnya atau menggunakan model pembelajaran berbasis life skills (social skills dan academic skills) ini digunakan dalam pembelajarannya di kelas. Khususnya dosen-dosen kelompok matakuliah keahlian berkarya diharapkan menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif dan kreatif atau istilah yang lebih populer PAKEM (pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan) atau AJEL (active joyful effective learning) yang dapat ditiru mahasiswanya sehingga motivasi dan prestasi belajamya meningkat

Download Pengembangan Model Pemaduan Problem Based-Learning dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw serta Sistem Penilaian Berbasis Life Skills Matakuliah Ekonomi Sumberdaya Manusia di Jurusan Ekonomi Pembangunan

Translate ยป