Manjemen Kinerja Strategis Panduan Praktis bagi Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)

1

Danardana Murwani dan Suharto

KATA PENGANTAR

Buku ini hadir untuk mengisi kajian akademis bagi koperasi, khususnya Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI). Buku ini berisi panduan praktis Manajemen Kinerja Strategis bagi KPRI. Manajemen KinerjaStrategis menjadi kunci sukses setiap organisasi, termasuk KPRI (periksa Murwani dan Suharto S.M, 2011b, hal. 13). Mengapa demikian? Karena Manajemen Kinerja Strategis pada dasarnya merupakan “proses perbaikan kinerja organisasi secara berkelanjutan yang dilandasi oleh visi, misi, strategi, dan sasaran-sasaran organisasi” (Murwani dan Suharto S.M., 2011b, haL 14, berdasarkan hasil pencermatan definisi Manajemen Kinerja Strategis dariAndre A. de Waal; kata “visi” ditambahkan).

Panduan praktisManajemen KinerjaStrategisbagiKPRI tersebutdiadopsidan dikembangkan dari model Andre A. de Waal, Profesor ManajemenStrategis pada Maastricht School of Management, Netherlands. Panduan praktis Manajemen Kinerja Strategis bagi KPRI mengkaji proses perbaikan kinerja KPRI melalui dua dimensi utama, yakni dimensi struktural[sub-dimensi: struktur tanggungjawab KPRI, substansi/isiinformasikinerja KPRI, integritasinformasi kinerja KPRI, dan keterkelolaan informasi kinerja KPRI] dan dimensi perilaku [sub-dimensi: akuntabilitas insan KPRI, gaya manajemen pengurus KPRI, orientasi tindakan KPRI, dan komunikasi mengenai kinerja KPRI] (diadaptasi dari de Waal, 2004; de Waal, 2006; de Waal, 2007; de Waal, 2010; de Waal dan Gerritsen-Medema, 2006; Emerald Group, 2006). Kedua dimensi dan kedelapan sub-dimensi Manajemen Kinerja Strategis KPRI tersebut diuraikan dalam Bab 1 hingga Bab 9.

Download Buku Manjemen Kinerja Strategis Panduan Praktis bagi Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)

You may also like...