Pengembangan Model Pendidikan Dan Pelatihan Kewirausahaan Dalam Upaya Menciptakan Wirausaha Baru Dari Kalangan lbu-Ibu Rumah Tangga Penelitian

RINGKASAN

Suparti, Rahayu P. W, 2007. Pengembangan Model Pendidikan Dan Pelatihan Kewirausahaan Dalam Upaya Menciptakan Wirausaha Baru Dari Kalangan lbu-Ibu Rumah Tangga Penelitian Hibah Bersaing XV di biayai Ditlitabmasy,Diljend Dikti, Depdiknas, Jakarta.

Selama ini kegiatan Diklat Kewirausahaan yang pemah diikuti oleh ibu-ibu Rumah Tangga dalam rangka mengisi kegiatan PKK , hanya terbatas pada informasi tentang teori kewirausahaan tanpa ditindak lanjuti dengan kegiatan praktek di lapangan. Model Diklat Kewirausahaan tersebut kurang memberikan kontribusi terhadap peserta Diklat, karena pengetahuan yang diperoleh hanya ditulis dalam buku catatan rnereka tanpa ada kegiatan selanjutnya.Sedangkan Model Diklat Kewirausahaan yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah pemberian teori dan sekaligus praktek berwirausaha. Dengan adanya kegiatan konsultasi bisnis dan kegiatan pendampingan dalam Model Diklat ini, para peserta Diklat yang ingin membuka usaha dapat memilih bidang usaba jasa, dagang, atau home industri sesuai dengan bakat dan minat mereka. Sehingga bidang usaha yang mereka pilih bukan suatu kegiatan coba-coba, melainkan suatu rencana pendirian usaha yang sudah direncanakan dengan tepat dan dibawah bimbingan tenaga ahli sesuai dengan bidangnya.

Sasaran Penelitian tahun Pertama adalah dihasilkannnya Panduan Model Diklat Kewirausahaan yang dapat diimplementasikan dalam upaya menciptakan Wirausaha Baru. Rencana sasaran tahun Kedua adalah kegiatan pendampingan dan konsultasi bisnis dalam upaya menciptakan Wirausaha Baru Mandiri.

Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan (Action Research). Sedangkan bila dilihat dari tujuannya, penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Populasinya adalah ibu-ibu Rumah Tangga yang menjadi aggota PKK di wilayah Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Sampel dari penelitian ini adalah 20 orang ibu-ibu rumah tangga yang berasal dari 4 Kelurahan di wilayah Kecamatan Kedungkandang. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan observasi. Tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian Tahap Pertama ini adalah dihasilkannnya Panduan Model Diklat Kewirausahaan yang dapat diimplementasikan dalam upaya menciptakan Wirausaha Baru. Dihasilkannnya Model Diklat Kewirausabaan ini dilakukan dengan kegiatan diklat, study banding dan seminar validasi basil.

lnovasi dari kegiatan penelitian ini adalah Model Diklat Kewirausahaan yang berisi tentang teori kewirausahaan dan sekaligus praktek berwirausaha adapun hasil produk sampingan dari kegiatan penelitian Tahap Pertama ini adalah dihasilkannnya Rencana Bisnis dari Peserta iklat Kewirausahaan. Saran yang perlu disampaikan adalah mengujicobakan Model Diklat Kewirausahaan Hasil inovasi kedalam wilayah yang lebih luas danjumlah peserta yang lebih banyak.

You may also like...