Pengembangan Model Pendampingan dan Konsultasi Bisnis Dalam Upaya Menciptakan Wirausaha Baru Dari Kalangan Ibu Rumah Tangga

INGKASAN

Anik, D., Nunung, N., Suparti, 2011. Pengembangan Model Pendampingan dan Konsultasi Bisnis Dalam Upaya Menciptakan Wirausaha Baru Dari Kalangan Ibu Rumah Tangga. Penelitian Hibah Pekerti Dibiayai DIPA DP2M Dikti

Pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi bagi perempuan merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah dalam memberdayakan perempuan di bidang ekonomi, program ini berupaya untuk menciptakan lapangan pekeIjaan bagi perempuan dengan memberikan pelatihan menjahit, merias penganten, memasak, dan lain sebagainya. Namun pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi bagi perempuan dengan berbagai macam keterampilan tersebut sampai saat ini masih belum ada tindak lanjut berupa kegiatan pendampingan, dan bimbingan tentang tata cara berwirausaha. Sehingga pemberian bekal berbagai macam keterarnpilan masih belumdapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha ekonomi produktif bagi perempuan peserta pelatihan.

Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan tersebut diatas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian Tahap I ini adalah:(1) Mendiskripsikan pelaksanaan pemberdayaan perempuan (Ibu-ibu Rumah Tangga) di wilayah Kota Malang, (2) Medesain dan Menyusun Panduan Model pendampingan dan konsultasi bisnis untuk Ibu-Ibu Rumah Tangga yang ingin membuka usaha produktif. (3) Mengkaji kelayakan model pendampingan dan konsultasi bisnis melalui serangkaian uji coba dengan melibatkan pengguna (Ibu Rumah Tangga) dan tenaga ahli/pakar.
Hasil akhir yang diharapkan pada kegiatan penelitian Tahap I ini hasil yang diharapkan adalah, tersusunnya Panduan Model Pendampingan dan Konsultasi Bisnis yang sudah tervalidasi oleh Tim Ahli dan uji coba implementasi di lapangan.

Berdasarkan hasil validasi ahli/pakar dan uji coba model di lapang dapat disimpulkan bahwa: Komponen Model Pendampingan dan Konsultasi Bisnis yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai model pendampingan dan konsultasi untuk pemberdayaan masyarakat khususnya Ibu Rumah Tangga yang ingin menjadi wirausaha mandiri. Beberapa hal yang dipandang penting untuk dicermati dan perIu diajukan sebagai saran berdasarkan temuan penelitain sebagai berikut: (1)Mengingat Komponen Model Pendampingan dan Konsultasi Bisnis sudah divalidasi oleh Tim Ahli/Pakar dan sudah diuji-coba di lapangan dengan subyek yang tepat, maka harapan Tim Peneliti produk pengembangan ini dapat dimanfaatkan sebagai model alternative untuk pemberdayaan masyarakat khususnya Ibu Rurnah Tangga, (2) Dengan pengembangan produk berupa model ini diharapkan dapat membantu upaya pemberdayaan ekonomi perempuan khususnya di wilayah Kota Malang, oleh karena itu partisipasi pemerintah melalui Dinas BKBPM dalam membantu sosialisasi model ini ke kelompok sasaran yang lebih luas sangat diperlukan.

You may also like...